Kenali Perbedaan Laptop dan PC yang Wajib Diketahui

Perbedaan laptop dan PC memang cukup signifikan, namun keduanya mempunyai tujuan dan fungsi yang hampir sama. Jika biasanya kamu menggunakan PC untuk membantu aktivitas sehari-hari, kini penggunaan laptop cenderung lebih banya diminati. Mengapa demikian? Hal ini karena laptop jauh lebih mudah dibawa kemana saja.

Jika kamu bertanya perihal kinerja antara kedua produk alat elektronik ini, maka PC memang jauh lebih baik dalam hal performa. Namun, meskipun begitu, penggunaan laptop saat ini semakin banyak dipilih masyarakat. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa perbedaan dan juga fungsi daripada laptop dan pc.

Perbedaan Laptop dan PC Berdasarkan Fungsinya

Berikut ini beberapa perbedaan yang ada antara laptop dan PC yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

Laptop : Tujuan dan Fungsi

Umumnya, banyak orang yang menyebut laptop sebagai notebook, bahkan ada juga yang mengira bahwa laptop dan PC itu barang yang sama. Namun, rupanya laptop dan PC memiliki perbedaan cukup signifikan dan masih banyak orang belum mengetahuinya.

Jika dikaitkan dari segi bentuk maupun fleksibilitas, kedua barang ini jelas berbeda. Adapun komputer lipat dirancang dengan tujuan serta fungsi sederhana yaitu memiliki mobilitas lebih baik. Dimana kamu dapat membawanya dengan mudah kemana saja, tanpa khawatir urusan listrik.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat banyak beralih menggunakan laptop dibandingkan PC karena penggunaannya sangat fleksibel.

PC : Tujuan dan Fungsi

Selanjutnya, ada juga komputer yang merupakan perangkat alat elektronik lengkap yang hadir dengan tujuan dan fungsi berbeda dengan laptop. Hanya saja, penggunaan komputer memang tidak se-fleksibel laptop karena tidak dapat dibawa kemana saja, melainkan perlu diletakkan di satu tempat.

Perlu diketahui bahwa PC ini hadir dengan kinerja dan performanya yang cenderung lebih kuat dibandingkan gadget lipat. Dengan menggunakan komputer, tentunya kamu membutuhkan listrik untuk bisa menyalakannya. Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan prosesor yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan listrik di rumah.

Manakah yang Lebih Baik, Laptop atau PC?

Kali ini kami akan mencoba untuk memberi suatu kesimpulan terkait perbandingan kinerja antara perbedaan laptop dan PC yang sudah dijelaskan pada sebelumnya. Dari segi kinerja, tentu saja komputer dianggap jauh lebih baik jika dibandingkan komputer lipat, namun dari segi mobilitas masih kalah.

Berikut ini beberapa catatan yang harus kamu perhatikan saat hendak membeli gadget lipat ataupun komputer biasa, yaitu:

  1. Apabila dilihat dari harganya, perbedaan laptop dan PC ini tentunya memiliki perbandingan harga yang sangat Adapun biasanya komputer jauh memiliki jumlah harga yang lebih terjangkau daripada laptop. Sehingga, bagi kamu yang sedang hemat budget bisa memilih komputer sebagai pilihan untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Biasanya, dengan kisaran harganya yang murah tersebut, kamu sudah bisa memiliki perangkat seperti prosesor, memori, dan GPU yang lebih baik. Akan tetapi, ada juga beberapa perangkat yang harus dibeli terpisah. Lain halnya dengan laptop, meskipun tergolong mahal namun spesifikasinya juga cukup menggiurkan.

  1. Bagi kamu yang memperhatikan nilai mobilitas maupun nilai estetika, maka penggunaan laptop jauh lebih ideal jika dibandingkan dengan Personal Computer. Mengapa? Karena komputer lipat dapat dibawa kemana saja dan kapan saja tanpa khawatir urusan listrik.

Terlebih lagi, saat ini banyak laptop yang hadir dengan desain serta bentuk elegan. Lain halnya dengan komputer, dimana perangkat ini biasanya digunakan untuk ruangan tertentu saja dan sulit dibawa kemana saja alias merepotkan.

  1. Terakhir, jika kamu memperhatikan dari segi kehematan, maka penggunaan laptop dinilai jauh lebih baik dibandingkan PC. Hal ini karena perangkat laptop mempunyai tingkat konsumsi listrik cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer.

Jika sebuah komputer memiliki konsumsi daya hingga 250 Watt untuk perangkat GPU saja, tentu hal ini membuat biaya listrik rumah menjadi cepat jebol ya. Tidak hanya itu, penggunaan komputer lipat juga cenderung lebih hemat dari segi ruang, dimana kamu dapat meletakkannya dimana saja.

Beberapa perbedaan laptop dan PC di atas diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkannya untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
- perbedaan laptop dan notebook -