Ini Dia, Cara Memperbaiki Laptop Tidak Menyala dengan Mudah

Memahami cara memperbaiki laptop tidak menyala menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena, hal ini bisa menjadi pengalaman traumatis, terutama jika Kamu menggunakannya sebagai perangkat utama. Namun, penting untuk memahami apa saja kemungkinan penyebabnya.

Dengan memahami bagaimana penyebabnya, maka Kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Sehingga, dengan cara tersebut maka laptop atau PC dapat diatasi dengan maksimal. Namun begitu, beberapa pengguna juga tidak memahami apa saja penyebab PC mereka rusak.

Akibatnya, mereka langsung membawanya ke tempat servis tanpa mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Padahal, biaya diperlukan untuk memperbaiki perangkat ini terbilang sangat mahal. Sehingga, pastikan untuk mengetahui bagaimana langkah mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mudah dan cepat.

Langkah Memperbaiki Laptop yang Tidak Mau Menyala

Untuk memperbaiki laptop tidak menyala, maka terdapat beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Sehingga, hal tersebut akan memudahkan Kamu untuk mengetahui apa saja penyebab PC belum mau menyala. Beberapa cara yang perlu dilakukan antara lain adalah sebagai berikut.

Periksa Daya

Ada berbagai hal bisa salah, mulai dari menggunakan catu daya laptop yang salah (mengirimkan voltase salah) hingga sekring putus di steker. Jadi periksa apakah adaptornya benar untuk laptop Kamu dan memberikan voltase dan amp dengan tepat.

Beberapa pengisi daya pihak ketiga juga mengeluarkan daya dengan kecepatan yang hanya setara dengan diperlukan perangkat Kamu untuk bekerja. Perangkat yang lebih tua khususnya dapat kehilangan banyak baterainya saat komputer dalam mode tidur atau sleep.

Periksa Kabel

Selanjutnya, untuk memperbaiki laptop tidak menyala pastikan untuk memeriksa kabel. Jika Kamu dapat melihat kabel berwarna di dalam pelindung luar hitam, Kamu dapat membeli unit catu daya (PSU) baru. Jika Kamu mengalami masalah dengan touchpad, ada baiknya memperbaiki kursor belum bergerak.

Pastikan PC Terhubung dengan Benar

Jika LED menyala, maka hal ini menunjukkan bahwa daya ada. Pastikan tombol daya di casing PC selalu memiliki dengan tepat pada PC. Kamu dapat menyingkat pin motherboard yang sesuai bersama-sama (periksa mana yang ada di manual motherboard kamu) guna menghilangkan tombol daya dari persamaan.

Periksa Layar

Selanjutnya, cobalah untuk memutuskan penyambung pada layar eksternal dan sekaligus yang ada pada proyektor guna memastikannya tidak menghentikan laptop Kamu dari boot ke Windows. Jika LED daya komputer menyala dan Kamu dapat mendengar kipas berputar, periksa apakah tidak ada gambar sangat redup di layar.

Langkah Lain yang Hanya Dapat Dilakukan Oleh Teknisi

Jika beberapa langkah memperbaiki laptop tidak menyala di atas tidak bisa, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengganti beberapa perangkat di dalamnya. Namun, pastikan Kamu ahli melakukannya. Jika tidak yakin mintalah pertolongan orang lain guna melakukannya. Beberapa langkah ini antara lain;

Mengganti Inverter

Untuk menggantinya, maka Kamu harus membeli suku cadang yang tepat. Jika laptop Kamu tampaknya melakukan booting dengan baik, tetapi tidak ada gambar sama sekali, panel LCD mungkin bermasalah. Mengganti layar laptop dimungkinkan, tetapi sulit dan harga pergantian layar juga bisa mahal.

Mengganti Perangkat Keras

Untuk memperbaiki laptop tidak menyala, maka Kamu juga perlu mengecek perangkat keras lainnya. Lepaskan (pasang kembali memori lama jika perlu) dan coba lagi. Jika motherboard Kamu memiliki pembacaan LED yang menunjukkan kode POST, cari manual atau online untuk mengetahui arti kode yang ditampilkan.

Alasan Umum Mengapa PC Rusak atau Tidak Menyala

Terdapat beberapa penyebab umum permasalahan ini. Beberapa diantaranya adalah kabel daya tidak terpasang dengan benar ke motherboard. Jika Kamu memiliki soket 12v ekstra di dekat CPU, pastikan kabel yang benar dari catu daya terpasang di samping konektor ATX 24-pin yang besar.

Untuk mengatasinya jika Kamu adalah pemula, maka lepaskan memori, kartu grafis dan CPU dan pasang kembali, periksa apakah ada pin yang bengkok pada CPU dan soket CPU. Di sisi lain, pastikan kabel daya PCI-E tersambung dengan benar jika diperlukan oleh GPU.

Terkadang alasan PC tidak bisa on adalah karena komponen gagal dan tidak ada perbaikan yang mudah. Hard drive adalah masalah umum. Jika Kamu dapat mendengar bunyi klik biasa, atau drive berputar ke atas dan daya mati terus menerus, bisa jadi hard diskmu rusak.

Ketika mengerjakan suatu pekerjaan, tidak sedikit pengguna PC atau laptop kerap kali mengalami permasalahan. Salah satunya adalah laptop yang tidak mau menyala. Jika Kamu mengalaminya, maka pastikan untuk memperhatikan dan memahami bagaimana langkah mudah untuk memperbaiki laptop tidak menyala.

Kata Kunci
cara memperbaiki laptop yang tidak menyala -