Advertisements

Fitur Tersembunyi Windows 10 Wajib Dimanfaatkan dan Dikenali

Advertisements

Jika Kamu pengguna Windows 10, maka Kamu wajib mengetahui fitur tersembunyi Windows 10. Saat ini, banyak pengguna Windows tersebut pada PC, namun tidak sedikit pengguna tidak memahami apa saja fitur-fitur yang ada di dalamnya. Padahal, dengan memahami apa saja fiturnya, maka akan lebih memudahkan pekerjaan.

Di sisi lain, tidak sedikit pengguna yang kurang memahami apa saja trik mudah untuk menggunakannya dan memanfaatkannya. Padahal, Microsoft telah memberikan fasilitas sedemikian rupa untuk pengguna. Sehingga, penting untuk memanfaatkannya secara efisien. Dengan cara tersebut, maka Kamu tidak akan ketinggalan teknologi.

Tidak hanya itu, perangkat PC Kamu juga kerap kali diharuskan untuk melakukan update. Tujuan update tersebut adalah untuk memperbaiki atau memperbarui fitur-fitur yang disediakan. Sehingga, jangan ragu untuk melakukan update terhadap PC atau laptop Kamu sebagai cara meningkatkan performa atau kinerja PC.

Fitur Tersembunyi yang Kerap Tidak Diketahui

Terdapat beberapa fitur tersembunyi Windows 10 yang kerap kali tidak dipahami oleh pengguna Windows ini. Padahal, dengan memahaminya, maka Kamu akan mendapatkan berbagai manfaat. Beberapa fitur atau atribut yang perlu diketahui tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Start Menu Tersembunyi

Windows 10 memiliki Start Menu tersembunyi yang berisi beberapa alat berguna untuk pengguna daya, seperti pengelola tugas, prompt perintah, manajemen perangkat dan disk, dan lainnya. Untuk masuk ke menu ini, Kamu harus mengklik kanan tombol Windows atau menggunakan pintasan tombol Windows + X di keyboard.

Pengendalian Aplikasi Penimbun Ruang Disk

Microsoft memperkenalkan alat serupa di aplikasi Pengaturan baru di perangkat PC ini. Untuk menemukannya, klik Pengaturan, lalu Sistem, lalu Penyimpanan. Kamu akan dapat mengurutkan berdasarkan drive dan mencari aplikasi tertentu berdasarkan nama file sehingga Kamu dapat mengetahui aplikasi mana yang paling banyak memakan ruang.

Meminimalkan Semua Jendela

Fitur tersembunyi Windows 10 selanjutnya adalah meminimalkan jendela. Fungsi “Tampilkan Desktop” telah ada sejak Windows 95, tetapi hingga saat ini, tidak ada cara untuk meminimalkan semua jendela. Untuk melakukannya, dirimu hanya perlu meraih jendela melalui bilah judul. Semua jendela yang tidak aktif akan diminimalkan.

Menghentikan Aplikasi Layar Belakang

Fitur lain yang dipinjam OS seluler adalah opsi dalam Pengaturan guna mengontrol aplikasi mana yang dapat berjalan di latar belakang. Kedengarannya bukan masalah besar, tetapi jika menambatkan laptop ke hotspot seluler dengan batas data, ini dapat menghemat banyak data yang terbuang.

Untuk melakukannya, buka aplikasi Setelan, lalu Privasi, lalu Aplikasi Latar Belakang. Kemudian Kamu akan melihat daftar aplikasi yang dipasang, dan Kamu dapat memulai guna memutuskan aplikasi mana yang dapat berjalan di latar belakang. Sehingga, data tidak akan terbuang dengan banyak.

Fitur Tersembunyi Lainnya untuk Penyelesaian Tugas

Untuk menyelesaikan tugas dengan mudah dan cepat, maka terdapat beberapa fitur tersembunyi Windows 10 yang dapat dimanfaatkan. Tentunya, dengan memanfaatkannya maka Kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan. Sehingga, pastikan untuk memanfaatkannya secara maksimal. Beberapa atribut tersebut antara lain;

Power User Start Menu

Saat menyelesaikan tugas, maka Kamu akan membutuhkan banyak aplikasi atau pencarian di halaman Google. Sehingga, hal tersebut membuat proses untuk membuka apk atau aplikasi menjadi lebih lambat. Namun, Kamu dapat mengatasinya dengan tips dan trik tersembunyi.

Untuk melakukannya, maka buka Menu Mulai, klik “Semua Aplikasi”. Kamu akan melihat huruf yang dapat di klik; klik huruf pertama dari nama aplikasi yang akan dicari, dan aplikasi akan muncul di ubin di sebelah kanan. Untuk lebih spesifik, Kamu dapat mencari aplikasi dari kotak pencarian.

Cetak ke PDF

Fitur tersembunyi Windows 10 lainnya adalah cetak ke PDF. Jika biasanya Kamu harus melakukan convert terlebih dahulu, maka dengan jenis Windows ini maka Kamu tidak perlu bersusah-susah. Pasalnya, perangkat tersebut menawarkan alternatif percetakan dengan amat sangat mudah melalui sistem operasi yang berada di dialog.

Trackpad Baru

Microsoft telah melakukan upaya bersama di Windows 10 untuk menghadirkan gerakan trackpad yang telah biasa digunakan pengguna dengan OS X. Jika Kamu pengguna Mac, maka Kamu dapat melakukan beberapa hal seperti memperbesar atau menggunakan dua jari untuk menggulir ke atas dan ke bawah.

Selain gerakan tersebut, ada beberapa gerakan tambahan yang khusus. Geser tiga jari ke atas dan Kamu akan melihat tampilan tugas. Di sebelah kiri berfungsi Alt-Tab, dan ke bawah mengakses desktop. Mengetuk tiga jari pada trackpad menampilkan Cortana, dan mengetuk dengan empat jari menampilkan Pusat Tindakan.

Windows 10 menjadi salah satu jenis perangkat lunak yang kerap kali digunakan oleh pengguna PC dan laptop. Namun begitu, tidak sedikit dari pengguna perangkat ini tidak memahami bagaimana langkah serta trik tersembunyi yang dapat dimanfaatkan. Sehingga, pastikan untuk memanfaatkan fitur tersembunyi Windows 10.