9 Daftar Aplikasi Cetak Foto Terbaik, Sangat Praktis di Gunakan!

9 Daftar Aplikasi Cetak Foto Terbaik, Sangat Praktis di Gunakan!

Aplikasi Cetak Foto  – Yang Kamu butuhkan hanyalah kamera digital dan printer untuk mencetak foto yang bagus dalam berbagai ukuran. Jadi, Kamu tidak perlu lagi pergi ke jasa cetak foto karena Kamu bisa mengandalkan software cetak foto yang dirancang khusus untuk mengedit foto Anda sebelum mencetaknya di printer Kamu.

Berikut 9 aplikasi cetak foto yang bisa Kamu gunakan untuk mengedit foto, mengatur file foto Kamu untuk dicetak, dan menghemat waktu dalam proses cetak. Apakah mereka? Review lengkapnya menyusul.

1. Aplikasi Cetak Foto Apple iPhoto

Aplikasi Cetak Foto Apple iPhoto

Saat membeli komputer Apple, Kamu langsung mendapatkan aplikasi cetak foto ini. Namun, Kamu juga dapat membeli Apple iPhoto ini secara terpisah. iPhoto adalah program yang sangat berguna dan mudah digunakan dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan iPhoto, Kamu dapat secara otomatis menyesuaikan pengaturan foto dengan cepat, mengatur foto di flipbook, dan bahkan menampilkan resolusi terbaik untuk foto Kamu untuk pencetakan selanjutnya. Hampir semua fitur dan manfaat yang diberikan oleh iPhoto sangat berguna bagi pengguna yang ingin mencetak foto melalui printer.

2. Aplikasi Cetak Foto Picasa

Aplikasi Cetak Foto Picasa
Bicara soal aplikasi berbayar untuk cetak foto, Picasa merupakan software cetak foto yang bisa diunduh gratis. Namun, Picasa hanya dapat bekerja dengan baik pada perangkat dengan sistem operasi Windows.

Aplikasi ini memberi Kamu keuntungan dengan mudah mengedit dan mengelola foto Kamu. Buat album foto pribadi Kamu melalui aplikasi ini segera setelah selesai mengedit foto. Nantinya, foto-foto dalam album Picassa ini bisa dilihat secara online oleh teman dan keluarga.

3. IrfanView

IrfanView
IrfanView juga merupakan aplikasi gratis yang dirancang khusus untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows. Kamu dapat menggunakan IrfanView untuk keperluan pribadi yang dirahasiakan, seperti saat Kamu ingin memanipulasi foto keluarga.

Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk melakukan pengeditan sederhana menggunakan beberapa fitur opsional yang disediakan oleh aplikasi ini. Jadi, jika Kamu ingin mencetak foto yang diedit di IrfanView, pastikan printer Kamu memiliki cukup tinta untuk mencetak foto tersebut.

4. Aplikasi Cetak Foto PIXLR

Aplikasi Cetak Foto PIXLR
Jika Kamu menginginkan aplikasi cetak foto yang bisa digunakan di berbagai perangkat, mengunduh PIXLR adalah pilihan yang tepat. Itu karena aplikasi ini bisa Kamu gunakan secara online maupun offline dengan mendownload softwarenya di Mac atau PC berbasis Windows, dan anda juga bisa menggunakannya di smartphone android anda.

Lebih baik lagi, Kamu tidak memerlukan keterampilan mengedit foto khusus, karena PIXLR memiliki fitur pengeditan foto yang sederhana dan praktis. Jika diedit, Kamu dapat mencetak langsung menggunakan PIXLR.

5. Ulead PhotoImpact

Ulead PhotoImpact
Salah satu aplikasi yang dijual dengan harga murah adalah Ulead PhotoImpact, yang memberi pengguna profesional fungsionalitas yang lebih baik dalam hal mengedit foto sebelum dicetak.

Mengapa saya memerlukan Ulead PhotoImpact untuk mencetak foto di printer saya? Karena aplikasi pintar yang satu ini memungkinkan Kamu membuat kartu ucapan dengan foto Kamu. Dengan aplikasi ini, foto yang akan Kamu cetak di printer Kamu akan memiliki hasil yang lebih baik.

6. PhotoScape

PhotoScape
Pada awalnya, PhotoScape hanyalah sebuah aplikasi edit foto. Namun seiring kemajuan zaman dan kelengkapan fitur PhotoScape, aplikasi ini juga bisa menjadi salah satu aplikasi cetak foto terbaik di PC.

Dikembangkan di Korea, aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk mencetak foto dalam resolusi dan pilihan kertas pilihan Kamu. Selain mencetak, tentunya Kamu bisa mengedit foto terlebih dahulu, karena PhotoScape memiliki fitur edit foto sejak awal. Anda kemudian dapat mencetak foto Kamu. Mudah, bukan?

7. ArcSoft

ArcSoft 
Bagi Kamu yang menggunakan PC/laptop dengan OS Windows dan ingin mencetak foto dengan ukuran yang berbeda, Kamu dapat mengunduh aplikasi ArcSoft. Aplikasi ini dapat mencetak foto dengan ukuran 2×3, 3×4, 4×6, 1R, 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R hingga 8R+. Tidak hanya itu, ArcSoft didesain dengan antarmuka yang mudah dipahami.

Ini juga mudah digunakan. Cukup pilih foto yang ingin Kamu cetak, lalu pilih tata letak untuk keluaran Kamu dan segera cetak. Menariknya, ArcSoft memungkinkan Kamu mengedit foto, mencerahkan warna, atau menambahkan teks ke foto sebelum dicetak.

8. Adobe Photoshop Elements

Adobe Photoshop Elements

Beberapa pengguna biasa mungkin mengalami beberapa kesulitan saat mencoba mengedit foto untuk dicetak dengan mengandalkan seri Photoshop CS. Namun, Adobe Photoshop Elements kini menawarkan fitur yang cukup lengkap dan antarmuka yang sederhana yang memungkinkan para pemula mengedit foto dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

9. Paint.NET

Paint.NET

Paint.NET adalah perangkat lunak gratis dengan sumbangan sukarela dari semua pengguna yang senang dan berterima kasih atas keberadaan aplikasi ini. Paint.NET hanya bisa berjalan di sistem operasi Windows, namun saya cukup puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi edit ini sebelum mencetak foto.

Ada fungsi undo tak terbatas untuk memperbaiki suntingan yang Kamu anggap tidak pantas. Paint.NET memang sengaja dibuat untuk pemula, namun aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para ahli. Paint.NET adalah aplikasi pencetakan foto yang sangat baik jika Kamu ingin mencetak pada kertas matte atau glossy.

Penutup

Kamu juga dapat berbagi foto dengan teman menggunakan Serif Photo Plus. Untuk saat ini, aplikasi hanya tersedia di saluran Window. Ini adalah aplikasi yang menawarkan keramahan pengguna untuk pemula dan pakar.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa tidak perlu menggunakan aplikasi khusus untuk mengedit foto sebelum mencetaknya melalui printer. Akibatnya, foto yang keluar dari printer terlihat acak-acakan dan buram. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan kembali aplikasi khusus seperti di atas untuk hasil fotografi yang lebih baik.