Cara Mendapatkan Passive Income yang Mudah dan Aman

Memiliki pendapatan pasif atau passive income tentu menjadi impian hampir setiap orang. Bayangkan betapa enaknya mendapatkan tambahan pendapatan tanpa harus bekerja. Namun, tidak sedikit juga orang yang tertipu investasi bodong yang berkedok memberikan passive income. Lantas bagaimana cara mendapatkan passive income yang mudah dan aman? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Jenis Usaha yang Dapat Memberikan Passive Income:

Deposito

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan passive income sekitar 4% per tahun, tergantung bank penyelenggara. Makin besar uang yang Anda simpan dalam deposito, maka makin besar imbal hasil yang Anda terima.

Deposito tergolong investasi dengan risiko kerugian rendah, tetapi imbal baliknya juga sepadan dengan risiko tersebut.

Deposito cocok bagi Anda yang menginginkan passive income pasti tanpa harus memusingkan risiko rugi. Ada beberapa pilihan tenor penyimpanan deposito, yaitu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan.

Salah satu kelemahan deposito adalah uang Anda hanya bisa diambil pada tanggal tertentu yang tertera di bilyet deposito. Jika Anda memerlukan uang di luar tanggal tersebut dan terpaksa mencairkan bilyet deposito, Anda harus membayar biaya penalti.

Jangan lupa pilih lembaga keuangan penyelenggara deposito yang kredibel dan masuk dalam pengawasan OJK karena tidak sedikit lembaga keuangan yang tidak amanah dan membawa kabur uang nasabahnya.

Reksa dana

Memiliki reksa dana merupakan salah satu cara mendapatkan passive income dengan mudah dan aman. Besarnya pendapatan yang Anda peroleh tergantung pada pilihan reksa dana yang Anda pilih. Ada beragam reksa dana yang bisa Anda pilih, seperti reksa dana syariah, reksa dana umum, reksa dana campuran.

Saat memilih reksa dana untuk menempatkan dana investasi Anda, jangan lupa perhatikan besaran persentase imbal hasil yang ditawarkan, biasanya berkisar antara 1 hingga 7%. Namun, besaran imbal hasil yang Anda terima bisa jadi tidak sesuai dengan besaran persentase imbal hasil yang ditawarkan saat Anda membelinya. Hal ini dikarenakan kinerja keuangan pada reksa dana juga dipengaruhi harga pasar dan kebijakan suku bunga dari Bank Indonesia.

Obligasi

Obligasi merupakan salah satu primadona untuk mendapatkan passive income secara pasti.  Surat utang yang ditawarkan oleh pemerintah sudah memiliki besaran persentase imbal balik yang pasti sejak ditawarkan. Besaran imbal baliknya juga lebih besar dibanding deposito dan reksa dana, bisa mencapai 10% per tahun.

Bisnis Kos

Bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income yang lebih besar dan cepat, Anda bisa mencoba bisnis kos. Bisnis ini dapat memberikan Anda pendapatan secara reguler setiap bulan dari penyewa kamar kos. Makin strategis letak bangunan kos yang Anda miliki, makin tinggi harga sewa yang bisa Anda tawarkan. Usaha kos tidak terlalu rumit, hanya saja membutuhkan modal yang lumayan besar dan perawatan yang baik agar bangunan tetap terawat.

Bisnis Sewa Rumah

Selain bisnis kos, bisnis sewa rumah juga dapat menjadi alternatif pilihan bagus Anda yang ingin mendapatkan passive income dengan mudah dan aman. Bisnis ini dapat memberikan pendapatan pasif secara tahunan. Rerata penyewa akan menyewa rumah sekitar 1 hingga 2 tahun. Untuk bisnis sewa rumah ini diperlukan perjanjian yang ketat di awal mengenai hak dan kewajiban penyewa dan pemberi sewa agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari.

Saham

Cara mendapatkan passive income yang lain yaitu dengan memiliki saham. Perusahaan yang sahamnya Anda beli akan memberikan dividen atau hasil bagi usaha kepada seluruh pemegang saham sesuai proporsi kepemilikan saham masing-masing. Jika Anda tertarik berinvestasi pada saham, pilih saham blue chip yang kredibilitas dan kinerjanya sudah terjamin.

Royalti

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis atau menyanyi, Anda juga bisa mendapatkan passive income dari karya Anda. Royalti dari buku atau lagu bisa menjadi passive income yang lumayan besar jika buku atau lagu Anda laris di pasaran.

Demikian beberapa usaha yang memungkinkan Anda bisa memiliki passive income dengan mudah dan aman. Semoga bermanfaat.