Tips Sukses Investasi Valas yang Penting bagi Pemula

Investasi valas atau valuta asing merupakan investasi jangka pendek dengan keuntungan yang cukup menggiurkan. Perdagangan valas sering disebut juga dengan foreign exchange (forex). Apa itu valas dan bagaimana cara investasi valas yang menguntungkan? Yuk simak tips investasi valas berikut ini.

Apa itu Valas?

Bagi sebagian orang, valas mungkin sudah terdengar familier. Namun, bagi sebagian lainnya, istilah ini masih cukup membingungkan. Sebenarnya apa itu valas? Bagaimana cara memperjualbelikannya? Mari kita kupas.

Valas adalah valuta asing, yaitu mata uang yang diakui secara internasional sebagai alat jual beli yang sah. Valas yang sering digunakan biasanya merupakan mata uang asing yang negaranya cukup berpengaruh terhadap jalannya perekonomian dunia.

Daftar Valas yang Menjadi Incaran

Berikut beberapa mata uang yang sering diperdagangkan dalam jual beli valuta asing.

1. USD

USD atau mata uang dolar Amerika merupakan mata uang yang potensial untuk diperjualbelikan. Mata uang ini prospeknya sangat bagus mengingat Amerika merupakan salah satu negara adidaya yang cukup berpengaruh dalam perekonomian dunia.

Berinvestasi dalam mata uang USD juga dapat memberi Anda keuntungan yang berlipat saat inflasi. Hal ini dikarenakan nilai USD berlawanan arah dengan nilai mata uang lokal saat inflasi. Jadi, saat inflasi, nilai dolar akan makin naik dan keuntungan Anda akan makin banyak.

2. EUR

Euro (EUR) merupakan mata uang yang sangat potensial untuk diperjualbelikan selain dolar Amerika. Banyaknya negara Eropa yang menggunakan mata uang ini sebagai mata uang standar dalam perdagangan mereka, membuat posisi Euro makin kuat di dalam perekonomian dunia.

Nilai mata uang Euro juga lebih tinggi dibanding nilai tukar dolar Amerika sehingga banyak investor yang melirik mata uang baru ini sebagai instrumen investasi. Namun, untuk investasi jangka pendek harian jual beli dolar Amerika tetap lebih diminati karena fluktuasi nilai tukar Euro cenderung lebih stabil.

3. GBP

Poundsterling (GBP) merupakan mata uang Inggris yang pamornya cukup kuat. Sebanding dengan USD dan EUR, mata uang ini sering dipilih sebagai instrumen investasi jangka panjang karena memiliki stabilitas harga yang bagus. Selain itu, harga Poundsterling juga lebih tinggi.

4. JPY

Yen (JPY) merupakan mata uang Jepang yang patut Anda pertimbangkan jika ingin berinvestasi di dunia valas. Mata uang ini tergolong mata uang yang yang kuat di kawasan Asia. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kuat Jepang di perdagangan dunia. Yen juga termasuk mata uang yang mudah diperdagangkan di negara Asia.

5. SGD

Dolar Singapura (SGD) merupakan mata uang terkuat nomor 2 di Asia setelah Yen. Mata uang ini cukup potensial sebagai instrumen investasi valas. Meskipun nilainya tidak setinggi dolar Amerika, tetapi stabilitas harganya relatif stabil sehingga cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang.

Tips Investasi Valas Bagi Pemula

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi valas, berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memutuskan pilihan melakukan investasi atau jual beli valas, sebaiknya Anda  memutuskan tujuan investasi, apakah Anda menginginkan investasi jangka pendek atau panjang. Jika Anda memilih investasi jangka pendek maka jual beli valas dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya jika Anda memilih investasi jangka panjang maka deposito valas bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

2. Pilih Mata Uang yang Kuat

Dalam memilih valas untuk investasi, sebaiknya Anda memilih mata uang yang kuat dan stabil. Mata uang yang kuat dan stabil di antaranya yaitu USD, GBP, EUR, JPY, dan SGD.

3. Beli Valas di Tempat yang Legalitasnya Terjamin

Salah satu hal penting dalam berinvestasi valas adalah menentukan tempat jual beli valas yang legal. Hal ini penting agar Anda tidak menjadi korban investasi bodong atau valas palsu. Pilih lembaga yang kredibel dan legalitasnya terjamin agar investasi valas Anda aman.

Demikian tips investasi valas bagi pemula agar mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.