Pengertian Pialang Berjangka Beserta Jenis dan Contohnya

Pialang berjangka adalah salah satu istilah yang sering Anda dengar di dunia investasi. Sayangnya, tidak sedikit masyarakat awam atau investor pemula yang tidak memahami maksud dari istilah ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian pialang berjangka. Ada penjelasan tentang jenis dan contohnya juga, lho!

Apa Itu Pialang Berjangka?

Pialang berjangka adalah perusahaan, badan usaha, atau institusi yang operasional hariannya terkait dengan transaksi komoditas. Berbeda dengan perusahaan lain, pialang berjangka lebih fokus pada transaksi komoditas yang berdasarkan:

  • Kontrak derivatif
  • Amanat pihak nasabah
  • Kontrak berjangka

Jenis perusahaan ini ada di berbagai belahan dunia. Khusus untuk operasional di Indonesia, pialang berjangka perlu ada di bawah pengawasan Bappebti.

Jenis Pialang Berjangka

Pialang berjangka terbagi menjadi empat jenis berdasarkan layanan yang diberikan. Jadi, Anda bisa memilih pialang sesuai dengan layanan yang dibutuhkan. Apa saja jenisnya?

1. Full Service Broker

Jenis yang pertama ini cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat dan tidak bisa meluangkan waktu untuk menganalisis pasar. Pialang berjangka yang memberikan layanan full broker artinya mereka menyediakan layanan penuh.

Pelayanannya cukup beragam, mulai dari mencari dan memberi informasi, melakukan analisis pasar, melaporkan, hingga menjalankan instruksi dari investor.

Sayangnya, untuk jenis pialang satu ini, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam terkait dengan pemberian komisi. Selaras dengan layanannya, komisi broker dengan layanan penuh memang ada di tingkatan teratas.

2. Deep Discount Broker

Jenis pialang yang kedua mungkin lebih terlihat seperti asisten. Mereka memiliki layanan yang terbatas karena hanya mengikuti instruksi transaksi dari investor.

Anda yang menggunakan pialang berjangka jenis ini hanya bisa memberikan perintah untuk memelihara atau mengelola rekening dan menjalankan transaksi jual beli.

Bagaimana dengan analisis pasar atau emiten?

Anda perlu melakukannya sendiri. Di sini, semua keputusan Anda yang mengambil dan pihak pialang akan menjalankan sesuai perintah saja. Jadi, Anda perlu membekali diri sendiri dengan wawasan dan pengetahuan tentang investasi yang lebih dari cukup.

3. Discount Broker

Pialang berjangka ketiga ini agak mirip dengan deep discount broker. Hanya saja, layanan yang diberikan lebih beragam.

Layanan utamanya adalah menjalankan aktivitas jual beli sesuai arahan investor. Namun, mereka juga bisa memberikan analisis pasar dan juga rekomendasi yang Anda butuhkan.

Tentunya layanan ini tidak diberikan secara langsung. Anda perlu memintanya jika memang butuh bantuan.

4. Online Broker

Jenis terakhir dari pialang berjangka ini mungkin bisa dibilang sebagai inovasi terbaru. Alasannya, pihak investor dan pialang tidak perlu bertatap muka untuk menjalin kerja sama.

Perkembangan teknologi digital menjadi fondasi yang cukup kuat untuk online broker di Indonesia maupun skala global. Pialang berjangka dengan jenis ini biasanya memanfaatkan sistem layanan daring yang memudahkan investor untuk bertransaksi dan berkomunikasi.

Praktis dan nyaman adalah dua hal utama yang Anda dapat jika menggunakan pialang berjangka ini. Sementara itu, pihak pialang juga memiliki akses dan pangsa pasar lebih luas berkat layanan daring ini.

Contoh Pialang Berjangka

Tingginya minat masyarakat untuk berinvestasi turut mendongkrak jumlah perusahaan yang berstatus sebagai pialang berjangka. Tentunya ada perusahaan legal dan ilegal yang saat ini beroperasi.

Namun, secara umum Anda bisa mengecek pialang berjangka legal di situs resmi Bappebti. Saat ini, totalnya ada sekitar 66 perusahaan. Beberapa contoh perusahaannya adalah sebagai berikut.

  • Fintech Maju Berjangka
  • Langit Indonesia Berjangka
  • Deu Calion Futures, dan lain-lain

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengakses daftarnya sendiri.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah mendapat gambaran untuk mencari pialang berjangka yang cocok dengan kebutuhan?

Pastikan selalu mengecek legalitas perusahaan pialang yang akan Anda pilih setelah menentukan jenis layanan yang diinginkan ya. Jangan ragu juga untuk mencari review asli dari klien atau investor sebelumnya untuk memperkuat keyakinan Anda.

Ingat, pialang berjangka adalah pihak yang seharusnya membantu Anda mengembangkan modal, bukannya membawa lari modal yang Anda setor. Semoga sukses investasinya!