5 Cara Download Subtitle Subscene

Jika kalian adalah orang yang suka menonton film terutama film luar negri pastinya kalian membutuhkan subtitle supaya mengerti alur jalan cerita dari film tersebut. Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan cara download subtitle subscene, untuk beberapa film softsub yang tidak memiliki subtitle bawaan di dalam film nya.

Subscene sendiri merupakan situs yang bisa kalian gunakan untuk mendownload subtitle film softsub. Saat mendownload film kalian akan menemui dua pilihan yaitu mendownload film dengan file hardsub atau file softsub, yang perlu kalian ketahui kedua film tersebut memiliki perbedaan.

Hardsub adalah film yang include dengan subtitle saat didowload sehingga ukuran file nya menjadi lebih besar dibandingkan dengan file softsub, sedangkan softsub merupakan film yang terpisah dengan subtitle nya, jadi kalian harus mendownload subtitle nya sendiri.

Tetapi mendownload film softsub memiliki keuntungan tersendiri yaitu file download nya menjadi lebih kecil sehingga akan sangat ramah untuk kalian yang memiliki keterbatasan kuota untuk mendownload atau keterbatasan penyimpanan pada perangkat yang kalian miliki.

Jangan khawatir bagi kalian yang tidak mengerti cara mendownload file subtitle saat mendownload film softsub, karena saya disini akan membagikan cara download subtitle subscene. Simak cara-cara berikut.

5 Cara Mendowload Subtitle di Subscene

1. Buka Situs Subscene

Untuk hal pertama yang perlu kalian lakukan tentunya adalah mengunjungi situs subscene. Silahkan buka situs tersebut dari browser yang ada di perangkat yang kalian gunakan baik komputer ataupun mobile.

Sangat disarankan untuk membuka situs ini menggunakan perangkat komputer, karena jika dibuka dari perangkat mobile nantinya tampilan dari situs tersebut menjadi tidak enak untuk dilihat karena luas layar ponsel yang seadanya.

2. Pilih Bahasa yang Kalian Inginkan

Jika kalian sudah berhasil masuk pada situs tersebut, alangkah baiknya untuk kalian mengganti bahasa untuk subtitle yang akan kalian download nantinya, karena jika tidak diganti maka subscene akan memberikan seluruh bahasa yang tersedia pada situs tersebut.

Kalian bisa mengganti pilihan bahasa dengan memilih filter bahasa yang berada disamping kolom pencarian. Dengan memilih bahasa kalian jadi bebas untuk memilih subtitle dengan bahasa apapun sesuai keinginan.

3. Tulis Judul Film yang akan Kalian Download Subtitlenya

Ketik judul film yang subtitle nya akan kalian download di kolom pencarian yang berada di sebelah kanan atas layar kalian. Semisal kalian ingin mendowload film venom, maka ketikan “venom” pada kolom pencarian tersebut.

Fitur pencarian pada situs ini tidak bersifat sensitive dimana huruf besar kecil berpengaruh, jadi kalian bisa mencari di kolom pencarian ini tanpa harus mengetik judul yang sangat rinci.

Selanjutnya silahkan cari subtitle dari judul film yang sudah kalian ketik tadi, karena kolom pencarian yang tidak sensitive tersebut akan memunculkan beberapa film yang memiliki judul terkait.

4. Download Subtitle

Jika kalian sudah menemukan subtitle dari film yang kalian inginkan, maka selanjutnya kalian hanya perlu mendownloadnya dengan menekan tombol download subtitle yang tersedia. Jika kalian sudah menekan tombol download, maka subtitle akan langsung terdownload di perangkat kalian.

File subtitle yang kalian download tadi berupa file kompresi yang bisa kalian buka atau ekstrak dengan winrar jika menggunakan perangkat komputer. Dan jika kalian menggunakan smartphone, kalian bisa mengekstrak file kompresi tersebut dengan ZArchiver.

5. Cara Memasang Subtitle pada Film

Setelah kalian selesai mendownload subtitle dan berhasil mengekstrak file nya, selanjutnya adalah bagaimana cara memasang subtitle yang sudah di download pada film yang ingin di tonton. Tenang saya akan memberi tahu kalian cara memasang subtitle tersebut pada film baik menggunakan komputer atau handphone.

Memasang Subtitle di Laptop/PC :

Buka film yang ingin kalian pasang subtitle dengan VLC media player. Setelah film nya muncul, klik kanan pada bagian layar lalu pilih “subtitle” kemudia pilih lagi “add subtitle”, selanjutnya kita akan digiring menuju file manager untuk memilih file subtitle yang sudah di download tadi.

Setelah itu kalian bisa pilih file subtitlenya, selanjutnya pilih open dan film yang kalian tonton sudah ada subtitlenya.

Memasang Subtitle di Handphone :

Silahkan buka play store kalian lalu ketikan VLC for android pada kolom pencarian, silahkan download media player tersebut karena alat pemutar vidio bawaan android tidak dapat me-load subtitle. Silahkan tunggu hingga proses installasi selesai.

Jika sudah terinstall, selahkan buka media player tersebut, pilih film yang hendak kalian tonton, setelah itu klik menu kemudian klik “select subtitle”, selanjutnya kalian akan digiring untuk memilih file subtitle yang sudah kalian download tadi dan selesai film kalian sudah memiliki subtitle.

Itu dia beberapa cara mengunduh file subtitle di situs subscene dan cara memasang subtitle pada film yang hendak di tonton. Sekiranya cukup sampai disini pembahasan saya mengenai cara download subtitle subscene, semoga bermanfaat untuk kalian yang hendak mendownload film softsub.