Ukuran Postingan Instagram

4 Ukuran Postingan Instagram Untuk Unggahan Rapi dan Estetik

Bagi Anda yang kerap memposting baik foto ataupun video ke aplikasi Instagram atau populer dengan istilah IG pastinya ingin agar membuat unggahanya rapi serta enak dipandang. Oleh sebab itulah sebagai pengguna yang baik, Anda harus mengetahui tentang ukuran postingan Instagram yang termasuk ideal untuk sebuah unggahan.

Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi Instagram menjadi salah satu sosial media paling populer pada tahun ini. Sebab Instagram bukan hanya berfungsi sebagai wadah untuk saling berbagi foto namun juga aplikasi untuk berbagi video maupun banyak konten multimedia lain. Karena itulah penting untuk para pengguna mengetahui ukuran unggahan di Instagram agar menghasilkan postingan yang tampak rapi sekaligus estetik.

4 Ukuran Postingan Instagram untuk Hasil Terbaik

Agar bisa mendapatkan hasil unggahan terbaik, pada dasarnya Anda harus mengetahui macam-macam ukuran postingan Instagram feed, portrait, cm, stroy, dan landscape yang ideal. Dengan demikian para pengikut Anda di sosial media Instagram tak akan merasa bosan saat melihat postingan tersebut. Selain itu unggahan yang menarik bisa saja menggaet pengikut baru dan menambah jumlah followers dalam akun Instagram Anda. Berikut ini ukuran pada postingan Instagram yang benar sekaligus ideal untuk para penggunanya:

  1. Ukuran postingan di fitur Instagram reels

Seperti tidak mau kalah dengan aplikasi yang sudah menyediakan fitur video pendek, saat ini Instagram merilis layanan baru yang bernama Reels. Adapun fitur tersebut dapat pengguna pakai agar bisa mengedit foto dalam durasi selama 15 detik dengan adanya tambahan banyak fitur menarik seperti Tiktok. Bukan hanya itu, hasil dari video yang nantinya dibuat juga dapat Anda draft terlebih dahulu sebelum kemudian ada di postingan.

Saat Anda sudah mengunggah maka nantinya muncul dengan sendirinyaa di bagian Reels. Sesudah itu para followers Anda pun bisa dengan mudah menyaksikannya langsung. Sementara itu untuk rasio fitur Reels sendiri sebenarnya tak jauh beda atau sama dengan IG Story Video, IG Live. Adapun rasio atau ukuran postingan Instagram untuk fitur Reels yaitu 9:16 ataupun 1080 x 1920 piksel.

  1. Ukuran unggahan Instagram foto

Pada bulan Juli tahun 2015 lalu, pihak Instagram memperbarui terkait ukuran postingan Instagram foto dalam aplikasinya menjadi berukuran 1080 x 1080 pixel. Tujuan dari perubahan tersebut yaitu agar mengakomodasi bagi layar beresolusi di tiap perangkat yang dipakai oleh pengguna supaya bisa membuka aplikasi Instagram. Apabila Anda tengah sering mengedit foto di Instagram, maka penting untuk memahami ukuran yang ada di sana supaya menjadikannya rapi seperti Feeds milik selebgram.

Terdapat tiga bentuk dalam ukuran postingan Instagram antara lain portrait, landscape serta square. Ukuran landscape dan portrait hadir supaya pengguna dapat menampilkan unggahan foto tanpa terpotong sekalipun. Agar menghindari dari postingan gambar berkualitas rendahan atau bahkan pecah, ada baiknya Anda memposting foto dalam resolusi square yaitu 1080 x 1080 pixel ataupun rasio 1:1.

Jika Anda hendak merubah foto dari landscape menjadi ukuran square, maka dapat memakai sejumlah aplikasi seperti Squareit atau Instagrid. Selain itu Anda juga dapat memakai sejumlah perangkat lunak untuk mengedit foto di perangkat komputer atau laptop misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop, ataupun Photoscape. Misalnya saja untuk feed Instagram dalam photoshop dapat Anda atur menjadi berukuran 1080 x 1080 pixel.

  1. Ukuran postingan video Instagram

Tak hanya foto, Anda juga dapat memposting video di sosial media Instagram. Karena itulah tak jarang pengguna bertanya berapa ukuran postingan Instagram video yang paling ideal serta baik sehingga nyaman untuk pengikut lihat. Penting untuk Anda ketahui agar tampilan video menjadi sempurna dan terpotong terdapat dua opsi bentuk resolusi yaitu landscape dan portrait untuk unggahan video.

Terlebih apabila Anda hendak membuat video dalam aplikasi edit video seperti Power Director atau Kinemaster. Perhatikanlah dengan baik-baik sebelum memposting konten berupa video, terlebih untuk tujuan berpormosi. Sehingga para pengunggah bisa menghasilkan video terbaik dan ideal untuk dinikmati para pengikutnya. Itulah ukuran postingan terbaik dan bisa menampilkan unggahan dengan lebih ideal.