4 Tips Ini Untuk Mengatasinya Wifi Tidak Muncul di Laptop

Revolusitekno.com РWifi tidak muncul di laptop adalah salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang. Jika Anda memiliki masalah yang sama, maka Anda perlu mengatasinya dengan segera. Para pengguna laptop biasanya akan memanfaatkan jaringan wifi pada laptop supaya memudahkan berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan. jadi jika laptop yang digunakan tidak bisa  terhubung dengan jaringan wifi, tentu hal ini akan membuat pekerjaan semakin sulit.

Pada keadaan yang normal, Anda hanya perlu sambungkan wifi di laptop dengan cara menyalakan simbol wifi yang letaknya ada di kanan bawah laptop kemudian laptop Anda akan terkoneksi dengan jaringan wifi. Tapi pada keadaan yang lain, Anda tidak bisa temukan logo tersebut dan jaringan wifi pun tidak dapat terdeteksi di laptop Anda. Jika ini adalah masalah yang tengah dihadapi saat ini, pastikan Anda mengetahui cara-cara untuk mengatasinya.

4 Cara Cepat Mengatasi Wifi Tidak Muncul Di Laptop

Jika Anda kesulitan menghubungkan laptop Anda dengan jaringan internet, tentu Anda perlu mengetahui cara-cara untuk bisa mengatasinya. Tapi sebelum itu, ada baiknya ketahui dulu apa penyebab wifi hilang. Jadi perlu diketahui, kebanyakan wifi yang hilang biasanya dikarenakan driver laptop sedang bermasalah.

Selain itu, ada juga beberapa kasus dimana penyebab wifi tidak muncul adalah karena receivernya yang bermasalah. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, berikut cara atasi wifi tidak muncul dilaptop di windows 7, 10, 11 yang dapat Anda lakukan saat ini:

  1. Install Driver Wifi Kembali

Untuk cara pertama adalah Anda harus menginstall kembali driver WIFI di laptop Anda. Karena beberapa laptop memang mengharuskan penggunanya untuk menguninstall kemudian install lagi wifi supaya bisa digunakan. Pasalnya driver wifi adalah salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan dengan baik. Apalagi driver yang rusak akan menjadi penyebab utama wifi yang tidak bisa terdeteksi. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa hapus dulu drivernya.

Jika sudah menghapus driver wifi Anda, selanjutnya Anda bisa lakukan penginstalan kembali. Untuk cara menginstallnya sama seperti biasa yakni melalui situs laptop Anda aatu bisa juga lewat DVD bawaan dari laptop tersebut.

  1. Lihat Keadaan Wifi

Selain itu, Anda juga harus melihat keadaan wifi yang ada di laptop tersebut. Jadi perlu diketahui, wifi tidak muncul di laptop salah satunya dikarenakan keadaannya yang disable. Maka dari itu, wifi yang dalam keadaan seperti ini tentu harus Anda ketahui dulu penyebabnya. Jika wifi di laptop Anda sedang disabled, ini akan membuat laptop Anda tidakbisa menangkap jaringan wifi manapun.

Jika Anda ingin mengatasinya, maka Anda bisa pergi ke menu control panel terlebih dahulu. Kemudian, klik network and internet supaya Anda bisa masuk ke dalam network and sharing center. Jika sudah, silahkan klik menu dengan tulisan change adapter settings yang letaknya di bagian kiri baru cek driver wifi dengan memilih enable this network device.

  1. Mengganti Channel Router

Cara ketiga yang dapat membantu anda mengatasi wifi tidak muncul di laptop adalah mengganti channel router. Pada pengaturan router, Anda bisa lakukan pengaturan di dalamnya salah satunya adalah mengatur channel. Sebenarnya, channel yang ada di router akan tersetting secara otomatis. Anda bisa ganti ke pilihan yang lain baru kemudian simpan. Jika Anda menggunakan cara ini, tentu Anda bisa mendapatkan kembali jaringan wifi di laptop Anda. Karena sudah banyak yang menerapkannya saat mengatasi wifi laptop yang tengah bermasalah.

  1. Reinstall Windows

Dan yang terakhir, silahkan reinstall windows anda jika keempat cara sebelumnya tidak membantu Anda mengatasi permasalahan wifi yang tidak muncul di laptop. Jadi Anda bisa lakukan install ulang windows di laptop Anda. Pastikan versi yang digunakan sesuai versi driver wifinya. Jika tidak, driver tersebut tidak akan bekerja dengan baik dan wifi pun tidak bisa terdeteksi.

Itulah beberapa tips jika saat ini Anda ingin mengatasi wifi tidak muncul di laptop. Jika sudah mengetahui caranya, Anda bisa terapkan pada laptop yang tengah bermasalah saat ini. tips ini cocok untuk semua merek atau brand laptop jadi Anda juga bisa mencobanya. Semoga sukses.