Cara merekam layar di laptop

Cara Merekam Layar di Laptop

Cara merekam layar di laptop windows 7, 10, 11 sepertinya menjadi salah satu informasi yang dibutuhkan orang-orang ketiak akan melakukan presentasi. Karena dengan merekam layar, tentu presentasi dapat berjalan dengan lebih mudah. sebenarnya perekaman layar komputer atau laptop sudah sering dilakukan orang-orang dengan beragam alasan. Tidak hanya pada saat akan melakukan presentasi saja, tapi perekaman layar juga dibutuhkan di dunia pendidikan dan sebagainya.

Merekam layar adalah salah satu kegiatan yang menarik banyak perhatian. Maka dari itu, fitur ini kian populer terutama dalam dunia bisnis dan juga pendidikan. Perekaman layar bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi ketiga atau aplikasi tambahan. Tapi jika Anda kesulitan, tidak ada salahnya gunakan aplikasi ketiga karea sudah ada banyak aplikasi yang membantu merekam layar dengan proses yang cepat dan juga mudah.

Untuk Anda para pengguna windows, pastikan Anda mengetahui caranya dengan terlebih dahulu membaca uraian dibawah ini.

Cara Merekam Layar Di Laptop Tanpa Memakai Aplikasi

Sebenarnya jika Anda menggunakan windows 10, perekaman layar laptop dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tapi berbeda halnya dengan windows sebelumnya, dimana orang-orang harus menggunakan aplikasi tambahan supaya dapat membantu merekam kegiatan atau aktivitas yang terjadi pada layar pc.

Perlu diketahui, windows 10 saat ini hadir dengan membawa fitur baru bernama Xbox Game Bar. Fitur ini akan membantu Anda untuk bisa melakukan perekaman layar tanpa perlu menginstall aplikasi apapun. Dan cara merekam layar pun sangat mudah. dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa melakukan perekaman layar. Tapi sebelum itu, Anda harus aktifkan dulu fitur game barnya dengan cara berikut ini:

  • Pergi ke menu settings
  • Pilih menu gaming
  • Pilih menu game bar kemudian aktifkan

Jika game bar aktif, Anda sudah bisa melakukan perekaman pada layar laptop Anda. Cara merekam layar di laptop tanpa bantuan aplikasi adalah sebagai berikut:

  • tekan tombol windows logo dan G
  • pilih menu capture atau yang ada gambar wabcam dan akan muncul halaman baru
  • jika ingin memulai merekam layar, Anda bisa klik tombol rekam
  • jika ingin berhenti merekam bisa klik ikon kotak hijau
  • selesai dan anda sudah bisa melihat hasil dari rekaman video pada layar laptop Anda.

Cara Merekam Layar Laptop Dengan Bantuan Aplikasi

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui seperti apa tata cara merekam layar di laptop tanpa bantuan aplikasi, ini saatnya Anda sudah bisa merekam layar dengan aplikasi. Semakin berkembangnya zaman membuat aplikasi-aplikasi canggih kian bermunculan. Setiap aplikasi memiliki fitur menarik di dalamnya. jadi berikut ini ada beberapa aplikasi perekam layar pc dan laptop yang bisa Anda gunakan salah satunya:

  1. Quicktime Player

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Quicktime player. aplikasi ini adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik dan paling mudah digunakan saat ini. Jika Anda ingin mempelajari bagaimana cara merekam layar di laptop dengan mudah, Anda bisa gunakan aplikasi ini. Jadi perlu Anda ketahui, aplikasi Quicktim player adalah aplikasi yang bisa anda unduh melalui Mac. Meski Anda bisa melakukan pengunduhan di windows, tapi jika Anda memiliki komputer mac, perekaman layar tentu saja akan jauh lebih mudah. hanya dengan membuka aplikasinya saja kemudian pilih file dan rekaman layar baru, Anda sudah bisa memulai perekaman layar di laptop Anda.

  1. VLC

Selain itu, Anda juga bisa gunakan aplikasi kedua bernama VLC. Ini adalah aplikasi perekam layar yang sangat membantu Anda pada saat hendak merekam layar pada laptop Anda. Tapi Anda harus install terlebih dahulu baru kemudian aplikasi ini bisa digunakan. Setelah pengunduhan rampung, Anda bisa masuk ke dalam aplikasinya kemudian memilih media. Pilih open capture device dan selanjutnya cari capture mode dan pilih desktop. Klik tanda panah yang letaknya di sebelah play. Kemudian, klik convert dan Anda bisa atur sendiri destinasi file pada rekaman Anda. Anda bisa klik start jika ingin memulai rekaman.

  1. OBS Studio

Dan aplikasi terakhir yang sangat cocok apabila Anda ingin merekam layar di laptop adalah OBS Studio. Anda bisa gunakan aplikasi ini secara gratis. OBS Studio memiliki tampilan yang sangat sederhana dan juga mudah untuk digunakan. Tinggal download saja kemudian Anda bisa masuk ke dalam aplikasinya dan pilih resolusi sesuai kebutuhan.

Jadi itulah beberapa cara merekam layar di laptop acer, asus, Lenovo, hp dengan aplikasi dan tanpa bantuan aplikasi. Anda bisa coba cara yang paling mudah agar perekaman layar di laptop bisa berjalan dengan lancar.