cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android

3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android!

File atau berkas penting tentang pekerjaan atau pelajaran sekolah biasa kita simpan di Android. Namun ada beberapa kendala yang bisa membuat file itu hilang terhapus.

Sehingga kita bingung bagaimana cara mengembalikan file atau data penting tersebut. Ternyata ada cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android.

Setiap orang tentu akan merasa kebingungan pada saat kehilangan File atau berkas penting. Apalagi jika file tersebut berhubungan dengan pekerjaan atau pelajaran sekolah.

Pasti kita ingin mengembalikan file tersebut seperti semula. Namun kita masih tidak tahu cara yang bisa dilakukan untuk memulihkannya.

Tidak semua orang tahu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android. Jika kita mau belajar lebih serius, tentu kita akan mengatasi masalah tersebut.

Sebab ada beberapa cara yang bisa kamu kuasai untuk mengembalikan file penting yang terhapus permanen itu ke tempat semula.

Lalu seperti apa saja sih cara untuk mengembalikan file yang telah terhapus permanen di Android. Nah, pada artikel kali ini kami ingin membahas informasi penting terkait cara mengembalikan file penting yang telah terhapus permanen.

Ikuti artikel kali ini hingga selesai agar kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya.

3 Cara jitu untuk mengembalikan file yang telah terhapus permanen di Android

1. Mencari aplikasi untuk mengembalikan data terhapus permanen.

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android pertama yang dapat kamu lakukan yaitu mencari aplikasi yang tepat. Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan file yang telah terhapus.

Bahkan aplikasi tersebut mampu mengembalikan file yang telah lama hilang secara permanen.

Berbagai nama aplikasi untuk mengembalikan file hilang tersebut dapat kamu temukan di Google Play Store dengan mudah. Bahkan kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis dan cepat.

Dalam menggunakan aplikasi untuk mengembalikan file yang hilang permanen tentu sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android kali ini yaitu menggunakan pihak ketiga seperti aplikasi. Aplikasi terpercaya yang dapat kamu gunakan yaitu Dumpster.

Kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Dumpster di Google Play Store. Setelah aplikasi berhasil diunduh maka kamu bisa membukanya.

Pada saat kamu membuka aplikasi maka secara otomatis akan di lakukan pemindaian file yang sudah dihapus.

Jika pemindaian selesai maka kamu harus masuk pada menu Recycle Bin lalu pilih file atau folder yang ingin dipulihkan kembali. Jadi itu dia cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen.

2. Menggunakan akun Google.

Cara mengembalikan file yang terhapus  permanen di Android kedua yaitu menggunakan akun Google. Setiap smartphone tentu harus terdaftar pada akun Google pribadi.

Kita harus mengingat akun Google yang digunakan pada smartphone, seperti alamat email dan kata sandi untuk mempermudah banyak hal.

Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengembalikan file yang telah terhapus permanen. Cara mengembalikan file terhapus permanen yang kedua ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Kamu bisa memulai pengembalian file tersebut dengan cara membuka Google Drive yang ada pada smartphone.

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android tersebut dilanjutkan dengan login menggunakan akun yang terdaftar.

Setelah proses login tersebut sukses, maka kamu cari ke tab folder photos, albums, archive, kemudian trash. Selanjutnya akan muncul semua file yang telah terhapus dari Android kamu selama ini.

Langkah selanjutnya kamu harus mengunduh file-file yang dibutuhkan. Lakukan pngecekan kembali agar kamu bisa mengembalikan semua file penting yang tidak sengaja terhapus. Jadi itu dia cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan semua file yang telah terhapus permanen di Android.

3. Menggunakan Recycle bin Android.

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android ketiga yaitu menggunakan Recycle bin Android. Ternyata Recycle Bin Android tidak hanya ditemukan pada perangkat komputer, sebab pada smartphone juga ada.

Namun masih banyak orang yang tidak tahu fakta penting tentang Recycle Bin di Android tersebut.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu buka ES File Explorer, kamu bisa mencarinya di tombol search smartphone. Kamu harus mencari menu Tools yang di dalamnya ada berbagai menu pilihan untuk opsi Explorer.

Kemudian masuk pada folder Recycle Bin lalu pilih file yang akan kamu kembalikan.

Banyak cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android yang dapat kita lakukan secara otodidak.

Namun kurangnya informasi yang kita pelajari mampu membuat kita kebingungan pada saat menghadapi masalah penting. Jadi itu dia tiga cara yang dapat kamu lakukan agar file penting dapat kembali.