cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip

3 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Berkedip

Laptop merupakan sebuah alat bantu di kehidupan kita agar lebih mudah mengerjakan segala sesuatu. Namun, sayangnya ada beberapa kali waktu di mana laptop kita rusak dan harus mengetahui cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip. Permasalahan ini sering terjadi di kalangan laptop mahasiswa yang sering bekerja produktif.

Laptop Kamu Tidak Mau Menyala, Tetapi Bisa Diisi Daya Baterai? Cek Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Berkedip di Bawah Ini

Cek Baterai Laptop Kamu Sebelum Menyalakannya Kembali

Baterai menjadi salah satu yang paling riskan ketika seseorang bermasalah dengan laptop mereka. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab utama laptop kamu tidak mau menyala, tetapi masih bisa mengisi daya baterai. Bisa saja, aliran baterai kamu tidak mendapat voltase yang cukup dan membuat laptop tidak mau menyala karena tidak teraliri daya listrik baterai ke dalamnya.

Lakukan cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip di bawah ini:

  1. Lepaskan terlebih dahulu baterai laptop kamu dan pasang kabel pengisi daya baterai ke laptop. Setelah baterai dilepas, sekarang coba kamu nyalakan laptop tanpa menggunakan baterai terlebih dahulu.
  2. Periksa apakah lampu charger menyala atau tidak, jika menyala, artinya laptop sudah mendapatkan aliran listrik dan sekarang coba hidupkan laptop dengan menekan tombol ‘Power’.
  3. Apabila laptop kamu menyala dengan optimal tanpa menggunakan baterai, faktor utama masalah yang terjadi berarti dari baterai laptop kamu. Sudah saatnya mengganti baterai laptop dan membeli yang baru.

Periksa Layar Laptop Kamu dengan Jeli

Apabila cara pertama tetap tidak berhasil, sekarang coba kamu periksa layar laptop kamu dengan jeli. Biasanya hal ini terjadi karena kerusakan layar yang mengakibatkan laptop kamu tidak mengeluarkan tampilan apapun meski sebenarnya sudah menyala dengan baik. Cobalah cara yang satu ini untuk memeriksa apakah laptop kamu mengalami kerusakan layar LCD atau tidak.

  1. Pastikan melepas semua sambungan dari laptop apabila kamu memiliki sambungan lain seperti LCD atau monitor yang terpasang. Kemudian, coba nyalakan laptop kamu seperti biasa.
  2. Tempelkan telinga ke mesin laptop dan cek apakah ada suara mesin bergerak yang berisik dan kipas yang terus bekerja. Jika terdapat masalah tersebut, maka kamu harus mengganti bagian layar yang sudah rusak, bisa jadi di bagian LCD.

Coba Menginstal Ulang Laptop Kamu

Untuk cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip berikutnya adalah dengan menginstal ulang laptop. Biasanya hal ini terjadi karena adanya kerusakan virus yang membuat laptop tidak bisa membaca aliran listrik yang masuk ke dalamnya. Kamu harus mengetahui dengan jelas bahwasanya hal ini mengharuskan kamu menginstal ulang laptop.

Menginstal ulang laptop biasanya tidak mau makan waktu lama dan bisa dilakukan dengan cepat apabila kamu telah memiliki CD yang terpasang di dalam laptop kamu untuk menginstal ulangnya atau bahkan kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada di dalam laptop untuk mengulang kembali laptop dengan jaringan yang ada di dalamnya agar terbebas dari serangan virus.

Lepaskan Perangkat Eksternal yang Tersambung di Laptop

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip berikutnya adalah dengan melepas perangkat eksternal yang tersambung di dalam laptop karena biasanya perangkat tersebut membuat BIOS tidak bisa membaca dengan jelas dan mengenali laptop sehingga proses start up gagal. Caranya kamu hanya diminta untuk melepas semua perangkat eksternal dan menyalakan.

Tips dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Berkedip Agar Laptop Selalu Awet

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar laptop yang kita miliki ini selalu awet dan tidak mengalami kerusakan di bagian baterai karena penggunaan yang sekiranya terlalu diforsir dan membuat laptop kita merasa jenuh hingga akhirnya rusak ada beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk membuat baterai laptop kita lebih awet lagi dan juga tidak mudah rusak.

Memakai Laptop dengan Porsi yang Cukup dan Tidak Terlalu Lama

Tips dan cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip yang pertama adalah dengan menggunakan laptop dalam jangka waktu tertentu dan tidak terlalu lama sehingga baterai tidak akan overheat dan akhirnya membuat baterai menjadi panas dan berpengaruh ke laptop sehingga tidak mau menyala dan juga hanya menampilkan layar yang kosong saja.

Pastikan kamu menggunakan cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger berkedip di atas agar bisa membuat laptop kamu lebih awet dan juga tidak mengalami kerusakan karena pembayaran dan onderdil yang harus dipakai bisa dikatakan cukup mahal.