Kode Rahasia Android

12 Kode Rahasia Android agar Bisa Mengakses Berbagai Fitur Tersembunyi

Tidak banyak orang mengetahui bahwa ada beragam kode rahasia yang ternyata sudah tertanam dalam sebuah smartphone dengan sistem operasi Android. Bahkan hal ini tidak hanya berlaku pada merek ponsel tertentu saja. Oleh sebab itu, segera ketahui apa saja kode rahasia Android tersebut.

12 Daftar Kode Rahasia Android yang Perlu Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya tidak semua pengguna perangkat Android mengetahui beragam kode rahasia kode rahasia android samsung, cina, xiaomi, realme, oppo evercoss, dan qualcomm. Padahal, apabila mengetahuinya maka tentu saja ada banyak manfaat bisa diperoleh. Agar lebih jelas, ketahui berbagai kode dan kegunaannya di bawah ini:

  1. Kode Mematikan Perangkat

Anda dapat menggunakan kode *#*#7594#*#* untuk mematikan perangkat dengan cepat. Perangkat Android sendiri akan menampilkan beragam menu opsi saat pengguna menekan tombol power. Contohnya seperti mode penerbangan, mode jaringan data, restart, hingga daya mati.

Apabila Anda ingin mematikan perangkat tanpa perlu menerima banyak opsi menu, maka tentu saja kode rahasia ini bisa jadi pilihan paling tepat. Terlebih, ketika tombol power pada ponsel sudah tidak berfungsi lagi. Jika belum sempat memperbaikinya, maka gunakan kode tersebut.

  1. Kode Respon Layar

Apakah Anda pernah merasa bingung mengapa layar smartphone kurang responsif? Jika iya, maka sangat penting untuk segera memeriksa kondisi layar sentuh tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengetahui apa saja masalahnya.

Cara mengeceknya sendiri terbilang sangat mudah. Terlebih, proses pendeteksian tersebut tentu sangat penting dengan tujuan agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut. Caranya adalah menekan *#*#2664#*#* pada dial telepon. Kemudian ketahui informasi tentang respon layarnya.

  1. Kode Cek Kamera

Kode rahasia selanjutnya dapat Anda manfaatkan untuk mengecek kamera. Terlebih, fitur kamera merupakan salah satu yang paling banyak pengguna akses. Contohnya seperti melakukan selfie. Oleh sebab itu, fitur ini berguna untuk menunjukkan performa kamera.

Caranya adalah menekan kode *#*#34971539#*#*. Saat menggunakan kode rahasia tersebut, maka tentu saja akan lebih mudah untuk mengecek kualitas sekaligus kondisi kamera ponsel sesuai dengan spesifikasinya. Apakah masih berfungsi dengan baik atau sebaliknya.

  1. Kode Cek Internet dan Operator

Proses pengecekan internet dan operator jaringan tentu sangat penting untuk Anda lakukan. Terlebih apabila ingin melakukan browsing tetapi ternyata jaringan seluler mendadak tidak berfungsi. Oleh sebab itu, pastikan melakukan pengecekan terlebih dahulu agar masalah cepat terdeteksi.

Caranya adalah menggunakan kode rahasia *#*#197328640#*#*. Penggunaan kode rahasia tersebut tentu akan membantu pemilik ponsel untuk mengecek kondisi tidak normal pada jaringan internet. Tentu tidak akan bingung apabila internet tiba-tiba tidak tersambung.

  1. Kode Cek Warna Layar LCD

Apabila Anda merasa terdapat hal yang aneh pada tampilan layar LCD, maka usahakan untuk mengecek warna dan detail layar. Dengan begitu, akan lebih mudah memastikan apakah layar masih dapat berfungsi normal atau tidak dalam menampilkan menu dan fitur sesuai perintah.

Tentu tidak perlu bingung apabila Anda ingin mengecek warna atau tampilan layar LCD tersebut hanya dengan memanfaatkan kode rahasia *#*#0*#*#*. Usahakan untuk memanfaatkan kode tersebut agar mendapat informasi mengenai LCD perangkat dengan cara mudah.

  1. Kode Cek Bluetooth

Anda bisa menggunakan kode *#*#232331#*#* untuk mengecek performa bluetooth dengan cara mudah. Terlebih, meski sudah ada banyak berbagai aplikasi transfer file hadir, tetapi fitur bluetooth masih tetap saja menjadi pilihan oleh pengguna Android.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Anda memanfaatkan kode rahasia tersebut untuk memastikan apakah fitur tersebut masih dapat berfungsi dengan baik. Bluetooth sendiri bisa jadi pilihan tepat apabila tidak ingin mengunduh aplikasi transfer file pada perangkat.

  1. Kode Cek Kualitas GPS

Perlu Anda ketahui, bahwa GPS merupakan salah satu fitur penting dalam perangkat Android. Terlebih, tentu ada banyak aplikasi memerlukan pengaktifan GPS tersebut agar dapat beroperasi dengan lancar. Salah satu contohnya adalah Google Maps.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengetahui kualitas dan performa fitur GPS tersebut pada perangkat sebelum menggunakannya. Caranya sangat mudah sekali yakni dengan memanfaatkan kode rahasia *#*#1472365#*#*. Informasi secara detail tentang GPS pun akan Anda peroleh dengan cepat.

  1. Cek Informasi dan Statistik Penggunaan

Kode Rahasia Android

Kode rahasia *#*#4636#*#* bisa jadi pilihan tepat apabila Anda ingin mendapatkan penjelasan tentang informasi dan statistik penggunaan fitur pada perangkat. Dengan begitu, setiap pengguna tentu akan terbantu saat menggunakan fitur tersebut.

Nantinya, setiap pengguna smartphone akan mendapatkan informasi mengenai kondisi baterai, SIM card, jaringan, dan berbagai fitur lainnya sesuai kebutuhan. Adapun contoh penggunaan fitur ini adalah untuk melakukan perbaikan pada jaringan hp.

  1. Cek Nomor IMEI

Saat Anda ingin membeli ponsel dalam kondisi baru ataupun bekas, maka sangat penting untuk mengecek nomor IMEI. Hal tersebut karena IMEI adalah identitas sebuah smartphone itu sendiri. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui tentang legalitas smartphone tersebut saat ingin menggunakannya.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengecek nomor IMEI. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir pasalnya caranya sangat mudah sekali. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kode rahasia berikut *#06#.

  1. Kode Cek Hardware dan Software

Selain beberapa kode di atas, tentu masih ada banyak kode lainnya. Salah satunya kode rahasia yang dapat Anda manfaatkan untuk mengecek software sekaligus hardware pada ponsel. Kode tersebut adalah *#12580*369#. Dengan mengeceknya, maka pengguna bisa mengetahui penggunaan software.

Pasalnya, penggunaan perangkat lunak tersebut nantinya dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja aplikasi pada ponsel. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui informasi tentang hardware apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau sebaliknya.

  1. Kode Factory Reset

Fitur factory reset pada smartphone dapat berfungsi untuk mengembalikan pengaturan smartphone pada setelan awal pabrik. Hingga saat ini sendiri tidak sedikit pengguna ponsel memanfaatkannya untuk menghapus beragam data tidak penting.

Adapun kode tersebut adalah *#*#770#*#*. Kode rahasia satu ini ini dapat Anda gunakan kapan saja sesuai kebutuhan. Terlebih, untuk mengecek factory reset setiap pengguna sudah tidak perlu lagi mencarinya pada menu pengaturan umum sekalipun. Cukup gunakan saja kode tersebut pada perangkat.

  1. Kode Cek Wifi

Setiap pengguna smartphone tentu pernah menggunakan Wifi untuk mengakses internet. Dengan begitu, proses akses akan lebih cepat dilakukan. Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa Anda sebagai pengguna Android dapat memanfaatkan kode rahasia *#*#23239#*#* untuk mengecek Wifi tersebut.

Saat menggunakan cara satu ini maka Anda sudah tidak perlu lagi mengotak-atik menu jaringan pada pengaturan umum ponsel. Pasalnya, pengguna hanya perlu memanfaatkan kode rahasia pada perangkat tersebut agar mendapat informasi detail tentang Wifi sesuai kebutuhan masing-masing.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa kode rahasia Android yang dapat berguna untuk membuka fitur tersembunyi yang bisa Anda ketahui. Tentu saja berbagai kode tersebut bisa menjadi pilihan tepat agar nantinya dapat melakukan berbagai keperluan sesuai kebutuhan dengan cara mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.