Advertisements
8 Alasan Penting Mengapa Harus menyembunyikan Alamat IP

8 Alasan Penting Mengapa Harus menyembunyikan Alamat IP

Advertisements

Privasi saat online telah menjadi topik pembicaraan yang besar dalam beberapa tahun terakhir. Inilah mengapa ada baiknya menyembunyikan alamat IP Anda. Alamat IP adalah bagian penting dari informasi yang dipertukarkan dengan setiap interaksi perangkat Anda yang terhubung ke jaringan online.

Mirip dengan alamat tempat tinggal Anda saat ini, alamat IP membantu mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet, termasuk komputer, hp, dan server Anda.

Mulai dari situs web yang Anda kunjungi atau layanan streaming yang Anda gunakan, semuanya mengumpulkan alamat IP Anda. haruskah Anda mengungkapkan alamat IP asli Anda? Apakah ada alasan untuk menyembunyikannya? Mari kita masuk lebih dalam dan mencari tahu.

8 Alasan Penting Mengapa Harus menyembunyikan Alamat IP

Perhatikan bahwa tidak semua orang perlu menyembunyikan alamat IP mereka, tetapi jika menurut Anda beberapa alasan yang disebutkan di bawah memerlukan kasus penggunaan untuk beberapa aktifitas yang anda lakukan, Anda dapat mencobanya!

  • Pembatasan Konten

Banyak layanan web memberlakukan pemblokiran berdasarkan wilayah yang membatasi IP dari daftar negara. Hal ini menghemat sumber daya dan bandwidth mereka.

Namun, jika Anda masih ingin mengakses konten yang dibatasi, Anda dapat menyembunyikan alamat IP Anda dan menggunakan IP palsu untuk melewati pemblokiran.

Dalam kedua kasus, itu akan berguna jika Anda bepergian ke luar negeri tetapi masih menginginkan akses ke konten yang diblokir secara geografis seperti seri Netflix yang berbeda.

  • Pencegahan Situs Web Melakukan Tracking

Dalam banyak kasus, situs web tidak secara langsung mengumpulkan data Anda, tetapi beberapa layanan yang mereka gunakan dapat mengumpulkan alamat IP Anda.

Untuk situs web modern dengan banyak fungsi, ada berbagai pelacak yang diterapkan untuk membantu mereka menganalisis pengunjung mereka. Tentu saja, ini belum tentu merupakan proses untuk mengumpulkan data Anda dan menjualnya kepada pihak ketiga. Tetapi, hal ini dapat membantu mereka meningkatkan pengalaman pengguna di situs mereka dengan mengacu pada statistik.

  • Cegah Iklan Pemasar Produk Digital

Perlu dicatat bahwa menyembunyikan alamat IP tidak akan mencegah pemasaran produk digital melacak Anda. Beberapa metode termasuk pelacakan email, tautan pendek, survei, dan iklan yang membantu pemasar digital mengetahui apa yang Anda suka/tidak suka.

Namun, menyembunyikan alamat IP Anda mempersulit pembuatan profil lengkap preferensi Anda. Jika Anda tidak menggunakan alamat IP palsu, mereka dapat dengan mudah menghubungkan semua data yang terkait dengan alamat IP Anda sambil meningkatkan statistik demografis mereka.

  • Mengatasi Pembatasan Pemerintah

Jika layanan atau situs web dilarang/dibatasi dari negara Anda, Anda dapat dengan mudah membuka blokirnya dengan menyembunyikan alamat IP Anda.

Ini mirip dengan melewati pemblokiran geografis tetapi terbatas pada satu negara. Anda selalu dapat menggunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya dan mengakses situs web yang dibatasi.

  • Penyamaran Browser

Mode penyamaran di browser membantu Anda menjelajahi web tanpa khawatir menghapus cookie, riwayat, dan pelacakan dasar.

Namun, Anda masih memberikan alamat IP Anda jika Anda belum menutupinya. Dengan kata lain, aktivitas penjelajahan Anda tidak benar-benar pribadi, dan alamat IP Anda menautkan kembali kepada Anda untuk aktivitas penjelajahan dalam mode penyamaran. Jadi, dengan alamat IP yang disembunyikan, Anda mendapatkan privasi yang ditingkatkan.

  • Cegah Pelacakan Lokasi

Baik Anda membatasi aplikasi agar tidak menggunakan informasi lokasi Anda atau menonaktifkannya di sistem operasi Anda, alamat IP Anda memberikan perkiraan lokasi Anda.

Lokasi mungkin tidak sepenuhnya akurat, tetapi cukup dekat dalam beberapa kasus. Jadi, jika Anda ingin merahasiakan lokasi Anda, menggunakan IP palsu sambil menyembunyikan yang asli tampaknya dapat menyelesaikan masalah ini.

  • Mempromosikan Hak Privasi

Anda tidak perlu terlibat dalam sesuatu yang ilegal untuk menjamin menyembunyikan alamat IP Anda. Mengambil kembali kendali atas privasi Anda diperlukan karena kami lebih mengandalkan layanan online.

Kita tidak boleh memberikan setiap informasi penting. Jadi, menyembunyikan alamat IP bisa menjadi titik awal yang baik untuk membatasi data yang kita bagikan. Kecuali Anda menginginkan layanan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, Anda harus selalu memilih untuk menyembunyikan alamat IP Anda.

  • Cegah Penyedia Layanan Internet Anda Melacak Anda

Jika Anda tidak mengambil tindakan khusus, penyedia layanan internet (ISP) Anda akan melacak aktivitas penjelajahan web Anda. Tentu saja, tidak semua penyedia akan memata-matai Anda. Tetapi jika Anda tidak memercayai ISP Anda, sebaiknya sembunyikan aktivitas penjelajahan Anda dari mereka.

Meskipun Anda dapat mengambil bantuan DNS-over-HTTPS untuk meningkatkan privasi, banyak teknik penyamaran IP (seperti VPN) juga akan membantu.

Sembunyikan Alamat IP Anda Saat Dibutuhkan

Ada kalanya Anda tidak perlu menyembunyikan alamat IP asli Anda, misalkan Anda ingin mengakses halaman web login yang dibatasi untuk IP statis atau rentang IP.

Kecuali Anda memiliki kasus penggunaan seperti itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyembunyikan alamat IP Anda.