Advertisements
7 Keunggulan Google Drive Dibanding Cloud Storage Online Lainnya

7 Keunggulan Google Drive Dibanding Cloud Storage Online Lainnya

Advertisements

Google Drive merupakan salah satu cloud storage online paling populer. Di sini, kita akan membahas mengapa layanan google drive begitu populer dan unggul dari persaingan. Manfaat google drive adalah sebagai media penyimpanan berbagai format file secara online.

Google Drive tidak diragukan lagi merupakan layanan penyimpanan cloud yang populer. Tidak mengejutkan dengan Google yang memimpin, mengingat google drive adalah pilihan default untuk ponsel Android dan Chromebook.

Jadi, apa yang membuatnya menjadi pilihan yang utama bagi banyak orang yang mengandalkan penyimpanan cloud? Di sini, kami akan mencantumkan beberapa alasan mengapa Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud terbaik.

7 Keunggulan Google Drive

1. Harga

Google Drive adalah salah satu opsi penyimpanan cloud paling terjangkau dari segi harga. Meskipun memberikan ruang penyimpanan 15 GB secara gratis, itu mungkin tidak cukup jika Anda menggunakan Foto Google untuk menyimpan semua foto/video Anda.

Harga Langanan Bulanan Google Drive

Untungnya, dengan opsi berlangganan Google One, Anda dapat memulai dengan 100 GB ruang penyimpanan mulai dari 26.900 per bulan.

Tidak hanya sebatas harga yang murah, Google Drive juga menawarkan harga regional. Jadi, Anda mungkin membayar beberapa dolar lebih sedikit tergantung di mana Anda tinggal.

Selain itu, google drive juga menampilkan berbagai opsi pembayaran untuk membuat langganan semudah mungkin, dengan mempertimbangkan preferensi regional.

2. Interface Simpel

Google dikenal karena membuat produk dan layanan yang bisa di akses semudah mungkin. Dan Google Drive tidak terkecuali.

Google Drive menawarkan interface pengguna yang mudah digunakan di mana Anda dapat mengakses semua fitur dalam beberapa klik. Dengan kata lain, pengalaman pengguna semudah menggunakan pengelola file di komputer Anda.

Secara default, Google Drive mengatur file yang dibagikan dengan Anda dan memungkinkan Anda memfilternya untuk memisahkan file pribadi Anda. Demikian juga, ini juga memudahkan Anda untuk mengelola banyak komputer/perangkat yang telah Anda sinkronkan.

Tentu saja, hal terbaik tentang UI-nya adalah kemampuan untuk mengakses layanan Google lainnya langsung dari halaman yang sama. Ini membuatnya sangat nyaman untuk mencoba berbagai layanan yang diberdayakan Google dengan mulus.

3. Terhubung Dengan Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi dan layanan menawarkan opsi integrasi dengan Google Drive. Sementara layanan penyimpanan cloud lainnya juga memberikan dukungan serupa, Anda dapat mengharapkan untuk menemukan integrasi Google Drive dengan hampir semua layanan, yaitu, Anda mendapatkan lebih banyak dukungan pihak ketiga.

Tidak masalah apakah Anda ingin menggunakan penyimpanan cloud untuk menyimpan cadangan situs web Anda atau opsi untuk mencadangkan obrolan Anda, ada kemungkinan bahwa Google Drive adalah solusi terbaik untuk itu.

Dalam beberapa kasus, integrasi Google Drive dengan aplikasi kolaborasi membuatnya mudah untuk berbagi file/dokumen secara instan.

Misalnya, Anda dapat masuk ke Google Drive menggunakan Slack dan dengan mudah membagikan/mengirim file ke utas pesan dari ruang penyimpanan Anda. Tidak seperti beberapa layanan penyimpanan lainnya, Google mempermudah pengelolaan akses aplikasi pihak ketiga ke Google Drive.

Secara keseluruhan, Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan layanan pihak ketiga jika Google Drive adalah penyimpanan cloud pilihan Anda.

4. Fitur Pencarian

Berkat fungsi pencarian Google yang mudah, menemukan file tertentu sangat cepat ketika Anda bekerja dengan berbagai format file dan folder.

kelebihan dan kekurangan google drive

Fungsi pencarian di Google Drive cukup cepat untuk menyaring hasil yang akurat dan menampilkannya hampir seketika. Dibandingkan dengan beberapa layanan penyimpanan cloud lainnya, google drive dapat memberi Anda keunggulan jika Anda terus-menerus perlu menemukan file/folder tertentu dari koleksi besar.

Selain fungsi pencarian, AI Google juga memberi Anda saran terbaik untuk pencarian file Anda dan membantu Anda mengidentifikasi file yang diperlukan.

Pada akhirnya, menggabungkan fitur pencarian yang efisien dengan hasil yang didukung AI adalah salah satu fungsi pencarian yang paling membantu dalam layanan penyimpanan cloud.

5. Fitur Kolaborasi Fleksibel

Fitur google drive lainnya adalah google drive memiliki fitur kaloborasi yang fleksibel. Meskipun Anda mungkin telah menyadarinya dengan ketersediaan integrasi aplikasi pihak ketiga dan kehadiran alat yang didukung Google, ada lebih banyak lagi kemampuan kolaborasi Google Drive.

Dengan Google Documents, Anda dapat berkolaborasi dengan pengguna secara real-time dan menyinkronkannya ke penyimpanan Anda secara bersamaan. Anda bahkan dapat mengimpor file dokumen apa pun (dikirim oleh pengguna Microsoft Office) untuk terus berkolaborasi secara online tanpa perlu keluar dari Google Drive.

Tidak hanya terbatas pada fitur kolaborasi menggunakan aplikasi Google, Anda juga mendapatkan banyak opsi berbagi untuk file dan folder Anda di Google Drive. Anda dapat memilih untuk membagikan tautan untuk memberikan akses ke file Anda dan mengelola izin ke file/folder kepada siapa pun yang memiliki tautan atau kontak tertentu.

Jika Anda menggunakannya di ruang kerja, Anda juga mendapatkan opsi untuk membatasi berbagi file ke pengguna dari ruang kerja Anda untuk memastikan privasi file penting Anda.

6. Keamanan Terbaik

Anda mungkin menemukan layanan penyimpanan cloud lain yang menawarkan fitur yang berfokus pada keamanan yang berpotensi lebih baik daripada Google Drive. Namun, Anda selalu dapat mengharapkan keamanan terbaik di industri untuk file Anda dengan Google Drive.

Tidak ketinggalan, infrastruktur yang canggih dan kuat mendukung Google Drive, mengingat ukurannya. Oleh karena itu, dalam hal waktu aktif, ini terbukti lebih andal daripada layanan cloud lainnya.

7. Interface Saluler

Interface Saluler adalah salah satu pendekatan baru untuk kegunaan layanan penyimpanan cloud pribadi modern. Masuk akal karena banyak orang menggunakan smartphone untuk mengakses dokumen pribadi dan terkait pekerjaan mereka akhir-akhir ini.

Tidak perlu dipikirkan lagi bahwa hampir setiap layanan penyimpanan cloud berupaya sebaik mungkin untuk menjadikan layanan ini seramah mungkin. Dan, Google Drive menawarkan pengalaman seluler yang fantastis untuk pengguna iOS dan Android.