Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Crash di Android

Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Crash di Android

Dalam beberapa tahun terakhir. Banyak pengguna android sepenuhnya bergantung pada perangkat smartphone untuk melakukan tugas apa pun dan semuanya menggunakan aplikasi yang penting.

Aplikasi sangat berguna untuk setiap pengguna android tetapi sering kali muncul masalah di saat aplikasi dibutuhkan, mungkin saja hal ini terjadi ketika anda memiliki banyak aplikasi yang tersimpan sehingga terjadi masalah dan aplikasi menjadi crash.

👉 TRENDING:  7 Cara Mempercepat Dan Meningkatkan Performa Hp Saat Main Game

Kenapa Aplikasi Android Sering Crash?

Ketika aplikasi anda berhenti bekerja dan mengalami crash maka mungkin ada sesuatu yang salah seperti kesalahan sistem android ataupun aplikasi dari developer yang menjadi masalah.

3 Alasan Kenapa Aplikasi Tiba Tiba Berhenti dan Error

Pada dasarnya, ada beberapa alasan di balik masalah crash aplikasi seperti, anda memperbarui perangkat lunak perangkat anda tetapi lupa memperbarui aplikasi atau mengunduh pembaruan aplikasi kemudian masalah crash terjadi.

Demikian pula, ketika ruang penyimpanan memory penuh di perangkat android, maka aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik dan mungkin crash saat aplikasi di jalankan. Bisa saja terjadi ketika anda telah menyimpan terlalu banyak data di memori internal.

Semua aplikasi memerlukan koneksi jaringan yang baik karena jika jaringannya bagus maka jelas perangkat dan aplikasi akan berjalan dalam kondisi yang lebih baik. Namun aplikasi yang memerlukan koneksi internet yang baik akan crash atau error jika koneksi internet bermasalah atau tidak stabil.

Semua ini adalah beberapa alasan umum, yang dapat menyebabkan masalah aplikasi crash di perangkat android.

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Crash di Android?

Hapus Data dan Cache Aplikasi

Penggunaan aplikasi secara teratur dapat memperlambat kinerja ponsel android karena cache disimpan dan anda tidak menghapusnya. Terutama terjadi ketika anda menggunakan beberapa aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Viber, Instagram, dll.

Menghapus semua data dan cache aplikasi akan membantu mengatasi masalah aplikasi crash. Untuk menghapus data dan cache aplikasi, ikuti langkah-langkah yang diberikan:

Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi > Aplikasi . Di sana anda harus memilih aplikasi, yang crash dan error dan tekan Clear cache dan Clear data.

Restart Ponsel Android

Ketika anda mengalami masalah aplikasi crash dan error maka tanpa berpikir panjang, anda harus me – restart android terlebih dahulu. Ini akan membantu memperbaiki aplikasi yang crash, karena semua aplikasi akan ditutup.

Melakukan proses ini akan membuat ponsel anda bebas dari penyumbatan memori dan perangkat anda akan bekerja lebih lancar.

Untuk me-restart smartphone, cukup menekan tombol power untuk waktu yang lama sampai Anda melihat menu restart. klik opsi restart dan android akan reboot.

Perbarui Sistem OS Android

Sering kali aplikasi crash karena os dari android anda belum di update. Jadi anda dapat memperbarui perangkat lunak anda dengan versi terbaru dan versi baru akan meningkatkan kinerja android dan juga dapat memperbaiki beberapa bug atau masalah.

Untuk melihat apakah hp android memerlukan pembaruan os atau tidak, pertama-tama buka Pengaturan > Gulir ke bawah dan klik Tentang perangkat > Pembaruan perangkat lunak atau Pembaruan sistem.

Gunakan Koneksi Internet Yang Baik

Sering kali aplikasi crash dan eror karena mengubah koneksi jaringan ke Wi-Fi atau data seluler. Jika ponsel android menggunakan jaringan yang buruk maka aplikasi mungkin crash saat digunakan. Jadi pemilihan jaringan memainkan peran penting dalam menjalankan aplikasi.

Periksa data anda apakah sudah terhubung dengan baik atau tidak. Anda harus mematikan data perangkat dan kemudian restart ponsel android. Sekali lagi aktifkan data seluler atau Wi-Fi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

Buat Ruang Penyimpanan di Android

Tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup adalah masalah besar untuk masalah crash aplikasi. Jadi cobalah untuk mengosongkan sebagian ruang penyimpanan dengan menghapus data atau aplikasi yang tidak berguna.

Anda dapat memindahkan data ke kartu SD dengan masuk ke Pengaturan > Manajer aplikasi > Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin di pindahkan.

Kemudian anda akan masuk ke halaman info aplikasi dari mana anda akan mendapatkan opsi ‘ Pindahkan ke kartu SD ‘. Ini akan membantu untuk membuat beberapa ruang di android.

Perbarui semua Aplikasi

Menjaga aplikasi untuk tetap ter-update sangat penting karena ini dapat membantu memperbaiki masalah apa pun seperti aplikasi crash atau error. Pengembang selalu berusaha memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna mereka dari semua aplikasi tanpa komplikasi.

Jadi, setiap kali pembaruan aplikasi mendapatkan update, jangan lupa perbarui untuk memperbaiki berbagai masalah.

Reset Pabrik

Ketika semua metode di atas tidak berfungsi maka anda dapat mencoba langkah terakhir ini untuk memperbaiki masalah aplikasi crash di android. Reset pabrik adalah langkahnya, yang akan menghapus semua data anda dari perangkat termasuk aplikasi, pengaturan, file, dll.

Jadi sebelum melakukan proses ini, jangan lupa untuk mem-backup semua data di tempat yang aman. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan > Cadangkan & Setel Ulang > Klik Reset data pabrik > Setel ulang perangkat untuk mengonfirmasi

Tips Mengatasi Aplikasi Crash di Android

Pengguna Android mungkin menghadapi masalah aplikasi crash di android kapan saja tetapi ada beberapa cara untuk menghindari kondisi seperti aplikasi tiba tiba berhenti dan erorr.

  • Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi di ponsel android.
  • Selalu bersihkan data cache dan data aplikasi.
  • Pastikan juga semua aplikasi anda ter-update termasuk perangkat lunak(OS)

Umumnya terlihat bahwa ketika pengguna android menginstal banyak aplikasi dan perangkat lunak tidak up to date maka aplikasi akan crash. Jadi pengguna android harus menghindari menginstal semua aplikasi yang tidak diinginkan dan mencoba membuat beberapa ruang kosong di memori agar ponsel android dapat berjalan dengan lancar tanpa masalah.