Advertisements
Rekomendasi Webcam Dengan Kualitas Terbaik Untuk Streamer

Rekomendasi Webcam Dengan Kualitas Terbaik Untuk Streamer

Advertisements

Webcam yang digunakan untuk komputer dan laptop telah menjadi salah satu komponen terpentingnya dan faktanya, sebagian besar lensa bawaan dari webcam tidak dirancang untuk memberikan pengalaman obrolan video berkualitas tinggi yang konsisten.

Banyak yang menyadarinya webcam eksternal sangat di butuhkan di era serakang ini. Selain meningkatkan gambar dalam panggilan kerja yang mungkin dilakukan melalui zoom dll, webcam eksternal juga membuat anda terlihat lebih baik dalam obrolan video dengan teman dan keluarga, dan itu penting jika anda melakukan streaming langsung di youtube atau platform lain.

Tetapi seperti kebanyakan aksesori PC, anda mungkin membutuhkan rekomendasi webcam dengan kualitas terbaik sehingga dapat menentukan webcam yang akan anda gunakan. Revolusitekno akan mencoba mereview mana wabcam yang cocok untuk kamu gunakan.

Yang Pelu Kamu Perhatikan Saat Memilih Wabcam

Resolusi

Sebagian besar webcam internal memiliki resolusi 720p, jadi anda harus mencari webcam eksternal yang lebih baik. Webcam FHD (1080p) akan memberi peningkatan kualitas video yang nyata dan idealnya anda mencari sesuatu yang dapat menjalankan 1080p pada 60fps atau 30fps. Jika anda mempertimbangkan webcam 720p yang murah, cari yang mendukung setidaknya 30fps atau bahkan lebih baik, 60fps. Namun, jika perhatian utama anda terlihat lebih baik untuk meeting konferensi video, 1080p adalah cara yang tepat.

Beberapa webcam dapat merekam dalam 4K, tetapi itu berlebihan bagi kebanyakan orang dan sebagian besar meeting video seperti Zoom, Google Meet, dan Skype bahkan tidak mendukung video 4K. Ketika melakukan streaming, NimoTV mendukung video hingga 1080p tetapi YouTube menambahkan streaming langsung 4K pada tahun 2016. Pada akhirnya, dengan memilih webcam 4K yang memiliki penggunaan terbatas, kebanyakan orang memilih kamera 1080p yang solid.

Mikrofon

Sebagian besar webcam memiliki mikrofon internal, Periksa untuk melihat apakah model yang anda pertimbangkan memiliki mikrofon mono atau stereo. Beberapa bahkan menggunakan teknologi pengurangan kebisingan (noise canceling) untuk menjaga suara anda tetap keras dan jelas. Sementara audiophiles dan streamer lebih memilih mikrofon external, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan mikrofon built-in webcam.

👉 TRENDING:  Apa itu Zoom? Cara kerjanya, Tips dan Trik serta Aplikasi Alternatif Terbaik

Fokus Otomatis

Webcam dengan fokus otomatis akan membuat gambar anda tetap terlihat tajam tanpa banyak saat anda bergerak seperti melangkah, maju dan mundur, dan tetap fokus sepanjang waktu. Beberapa model juga memungkinkan anda menyesuaikan fokus secara manual, jika anda memiliki kebutuhan khusus. Perangkat dengan fokus tetap kurang nyaman, tetapi cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau.

Desain

Tidak ada banyak terobosan menarik dalam hal desain webcam. Sebagian besar perangkat memiliki desain bulat atau persegi panjang yang bisa dipasang dengan monitor atau layar laptop anda. Beberapa memiliki kemampuan untuk memasang ke dudukan tripod dan yang lain dapat dengan mudah duduk di meja atau samping komputer.

Harga

Sebagian besar webcam eksternal yang cukup bagus untuk menjadi bagian dari kamera internal komputer anda berharga antara 500 ribu hingga 1 jt-an. Jika webcam memiliki resolusi yang sama dengan yang ada di laptop anda, anda harus melihat spesifikasi lain seperti koreksi lampu otomatis, bidang pandang yang lebih luas, atau kabel penghubung ekstra panjang yang dapat memberikan peningkatan kualitas. atau kemudahan penggunaan.

Menghabiskan lebih dari 1jt berarti anda mungkin mendapatkan fitur-fitur canggih seperti resolusi 4K, opsi perekaman vertikal dan horizontal, mikrofon stereo, pengaturan video yang dapat disesuaikan, dan banyak lagi. Tetapi kecuali anda menghabiskan berjam-jam untuk panggilan video setiap hari atau streaming beberapa kali setiap minggu, anda dapat melewati sebagian besar opsi kelas atas yang ada pada webcam.

cara memilih webcam yang bagus

Rekomendasi Webcam Dengan Kualitas Terbaik

Logitech C920s Pro HD

Logitech C920s Pro HD webcam memiliki nilai yang baik diatas kertas. Untuk harga diatas 500 ribu-an, anda mendapatkan webcam FHD yang dapat merekam hingga 1080p/30fps, memiliki bidang pandang 78 derajat, mikrofon ganda, dan koreksi cahaya otomatis. Webcam yang tampak rata-rata berukuran 3,7 inci pada titik terlebarnya, dengan lensa di tengah dan dua mikrofon di kedua sisinya.

Basis yang dapat disesuaikan cukup kokoh dan, anda dapat dengan mudah memasangnya ke layar laptop atau meletakkannya di meja dan mengarahkan kamera ke atas. Ada juga lubang di bagian bawah jika ingin menghubungkannya ke tripod. Ada penutup lensa opsional di dalam kotak yang memberikan perlindungan.

👉 TRENDING:  Apa itu Zoom? Cara kerjanya, Tips dan Trik serta Aplikasi Alternatif Terbaik

Video 1080p kamera tajam dan menghasilkan warna yang cukup akurat. Sementara kamera yang lebih murah kesulitan pada saat kurangnya penerangan saat lampu mati, C920s Pro HD dapat menerangi seluruh wajah dan memiliki bayangan yang minimal.

Semua webcam Logitech dapat menggunakan aplikasi Pengaturan Kamera bawaan untuk menyesuaikan hal-hal seperti bidang pandang, kecerahan, intensitas warna, dan fokus otomatis. C920s Pro HD memang memiliki autofokus dan sangat bagus.

  • Full HD 1080p video calls
  • Full HD 1080p video recording
  • HD autofocus and light correction
  • Stereo Audio with dual mics
  • Privacy Shutter
  • 78-degree field of view
  • Works with Chromebook

Logitech Brio

Jika anda bersedia untuk mengeluarkan biaya untuk webcam, Brio dari Logitech bisa menjadi salah satu rekomendasi, tetapi fitur terbaik dan terpenting adalah perekaman 4K-nya. Camera Webcam yang tajam dan jelas, dan satu-satunya hal negatif tentang itu adalah warna yang sedikit tidak akurat (warnanya sedikit lebih jenuh dari biasanya).

Brio juga memiliki pengaturan yang paling dapat disesuaikan dari kamera Logitech lainnya. Selain kecerahan, kontras, intensitas warna, keseimbangan putih, dan fokus otomatis, anda dapat menyesuaikan HDR, bidang pandang, dan rasio gambar di aplikasi Pengaturan Kamera.

Logitech mencoba membuat Brio terlihat semulus mungkin. Alih-alih persegi panjang belaka, Brio menggunakan desain oval memanjang dengan tepi membulat dan alas standar yang terjepit dengan aman ke layar. Bagian depan berwarna hitam mengkilap, diselingi oleh lensa kamera, dua celah kecil untuk mikrofon dan sensor IR. Yang terakhir membuat Brio kompatibel dengan Windows, sehingga anda dapat membuka kunci sistem menggunakan pengenalan wajah. Dan bila menginginkan privasi lebih, anda dapat menggunakan naungan lensa yang disertakan untuk menutupi kamera.

  • Panggilan video Ultra HD 4K (hingga 4096 x 2160 piksel @ 30 fps)
  • Panggilan video Full HD 1080p (hingga 1920 x 1080 piksel @ 30 atau 60 fps)
  • Panggilan video HD 720p (hingga 1280 x 720 piksel @ 30, 60, atau 90 fps)
  • 5x digital zoom dalam Full HD
  • Autofocus
  • USB 2.0 Tipe A dan USB 3.0 Tipe A dan koneksi C
👉 TRENDING:  Apa itu Zoom? Cara kerjanya, Tips dan Trik serta Aplikasi Alternatif Terbaik

Logitech Streamcam

Dari semua webcam, yang paling cocok digunakan untuk stream adalah Streamcam Logitech. Pertama dan terpenting, kualitas videonya luar biasa merekam dalam 1080p/60fps dan videonya sedikit lebih tajam dari pada Logitech C920s Pro HD. Detail dan terlihat jauh lebih baik.

Fitur eksposur otomatis Streamcam dibuat untuk kegelapan di kantor pada cuaca yang agak gelap. Dan ia memiliki jenis autofokus terbaik jenis yang tidak pernah anda perhatikan. Mikrofon ganda omnidirectional di dalam Streamcam menghasilkan suara dengan keras dan jelas selama panggilan video. Mikrofon juga memiliki pengurangan kebisingan untuk menjaga font dan pusat suara.

Beberapa streamer yang sering memposting ke media sosial akan menyukai format 9:16 yang paling cocok untuk Instagram dan TikTok. Logitech juga memastikan Streamcam dioptimalkan untuk Open Broadcaster Software (OBS), XSplit, dan Streamlabs, sehingga anda dapat langsung menggunakannya untuk sesi live berikutnya.

Streamcam adalah webcam serba guna, meskipun tidak semua orang ingin menjatuhkan mengeluarkan uang untuk membeli wabcam. Jika anda menginginkan webcam dengan kualitas yang baik, memiliki fitur canggih yang solid, dapat digunakan baik untuk pekerjaan maupun streaming langsung, Streamcam adalah webcam yang bagus. Untuk shop online seperti shopee wabcam ini dijual dengan harga diatas 2jt-an.

  • Cable length: 5m (1.5ft) USB-C3.1 cable
  • Lens: high quality full HD glass lens
  • f/2.0- focal length 3.7 mm
  • Field of view: 78° (diagonal)
  • Focus: Autofocus (10cm to infinity)/
  • Use Logitech Capture to autofocus based on face
  • Built-in audio: dual omnidirectional microphone with noise reduction filter
  • Stereo or dual mono
  • Live indicator: white LED
  • Maximum video resolution: 1080p/60fps in MJPEG

Berikut rekomendasi webcam dengan kualitas terbaik yang bisa kamu jadikan referensi untuk berbagai kegiatan seperti stream atau video meeting dengan teman kantor. Semua webcam memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.