Advertisements
Alasan Menghapus Data Secara Permanen Sangat Penting Saat Menjual HP

Alasan Menghapus Data Secara Permanen Sangat Penting Saat Menjual HP

Advertisements

Kekhawatiran mengenai penghapusan file sensitif tentu bukan masalah baru, bahkan file data yang sudah di hapus sebelumnya, tetapi berkat perkembangan teknologi, menghapus data dari smartphone secara permanen menjadi jauh lebih sulit.

Kenapa Harus Menghapus Data Secara Permanen Saat Menjual Hp?

Jika seperti kebanyakan orang, Menggunakan smartphone untuk hal-hal seperti perbankan online, di mana kamu diharuskan memasukkan kode/pin yang memberi akses ke rekening bank dan tabungan. Bahkan jika kamu menghapus Aplikasi Perbankan dan riwayatnya, data tersebut masih dapat tertinggal di hp yang kamu miliki tanpa kamu sadari.

Informasi yang dihapus dapat dipulihkan dengan perangkat lunak yang disebut Pengambilan Data Forensik. Selama bertahun-tahun polisi telah menggunakan ini untuk memulihkan data untuk investigasi kriminal.

Sekarang perangkat lunak forensik seperti Oxygen Forensics dan Encase Forensic telah tersedia untuk masyarakat umum dan dengan harga yang sangat terjangkau. Ini berarti, bahkan jika kamu menghapus data hp atau melakukan reset pabrik, jika orang yang membeli ponsel yang kamu memiliki perangkat lunak forensik, mereka dapat memulihkan semua data yang ada di hp.

Perangkat lunak semacam ini dapat mengambil:

  • foto, video, riwayat SMS
  • kalender, aplikasi
  • rincian buku telepon, informasi panggilan
  • Riwayat Wi/Fi, koneksi web
  • kata sandi
  • Pemosisian acara GEO
  • log perangkat
  • pesan yang dihapus dan lainnya.

cara menghapus file secara permanen di android agar tidak bisa di recovery

Bagaimana Cara Menghapus Data Secara Permanen?

Pada cara pertama, menginstal ulang perangkat lunak atau melakukan reset pabrik akan menjadi pilihan yang memadai. Sayangnya dan mungkin cara ini belum cukup untuk menghapus semua data secara permanen.

Fakta mengatakan 99% perangkat seluler menyimpan data di lokasi terpisah dalam chip flash yang dikenal sebagai “memori solid state”. Menginstal ulang perangkat lunak operasi atau melakukan reset pabrik hanya akan memengaruhi perangkat lunak dan jalur yang mengarah ke data, bukan data itu sendiri .

Berarti peretas yang menggunakan perangkat lunak forensik yang baik akan dapat membedakan jalur baru ke data hp.

Satu-satunya cara yang diketahui untuk mencegah perangkat lunak (software) mengambil data dari hp anda adalah dengan alat penghapus data permanen. Menggunakan alat seperti ini bisa sangat memakan waktu dibandingkan dengan reset pabrik, tetapi ini karena sebenarnya menghapus seluruh data, bukan hanya jalur yang mengarah ke sana.

Untuk menghindari pencurian data, banyak cara yang bisa dilakukan dengan menghapus data secara permanen dengan software yang tersedia di playstore dan bisa juga mengunakan software pihak ketiga yang tersedia di internet.

Pencurian data bisa saja dilakukan jika kamu lalai dalam mengelola data, hal itu lah yang menjadi alasan menghapus data secara permanen sangat penting saat menjual HP. Orang yang jahat bisa saja menyebarkan data-data penting yang tidak sengaja dia temukan.