Advertisements

6 Jenis CPU Yang Digunakan Laptop dan Komputer

Advertisements

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang bertugas menerima perintah menjalankan semua perintah perangkat lunak sebagai proses utama dari kinerja komputer.

CPU diperluas digunakan sebagai unit pemrosesan pusat yang merupakan prosesor utama dan sentral dalam sirkuit elektronik yang terletak di dalam sistem. Berguna untuk mengeksekusi perintah sesuai dengan program komputer. Ia melakukan logika aritmatika dasar, operasi input dan output, sirkuit kontrol yang mengikuti program yang dimasukkan ke dalam komputer.

Istilah CPU dikenal sebagai prosesor yang terdiri dari unit kontrol dan unit proses yang membedakan elemen inti komputer selain dari perangkat eksternal seperti sirkuit I/O dan memori utama.

CPU yang sedang tren sekarang tersedia dalam bentuk mikroprosesor yang terdiri dari unit semikonduktor logam-dioksida dalam sirkuit terpadu. Chip terintegrasi terdiri dari CPU bersama dengan antarmuka periferal, chip memori, mikrokontroler, dan sistem lain pada chip.

Jenis jenis CPU

CPU adalah elemen vital yang mengelola semua perhitungan dan perintah yang ditransfer ke komponen lain dari komputer dan periferalnya. Kecepatan cepat CPU mematuhi perintah program input. Komponen tergantung dan kuat ketika dihubungkan ke CPU.

Jadi perlu untuk memilih yang tepat dan memprogramnya dengan tepat. Produsen CPU terkemuka adalah AMD dan Intel.

Prosesor diberi nama seperti Duron, Celeron, Pentium, dan Athlon. Berbagai jenis prosesor dibangun dalam arsitektur yang berbeda seperti 64 bit dan 32 bit dengan kecepatan maksimum dan kapasitas fleksibel. Jenis utama CPU diklasifikasikan sebagai prosesor single-core, dual-core, Quad-core, Hexa core, Octa-core, dan Deca core yang dijelaskan di bawah ini.

Single-core CPU

jenis CPU tertua yang tersedia dan digunakan di sebagian besar komputer pribadi dan resmi. CPU single-core hanya dapat menjalankan satu perintah pada satu waktu dan tidak efisien dalam multi-tasking. Ini menandakan bahwa ada penurunan kinerja yang mencolok jika lebih dari satu aplikasi dijalankan. Jika satu operasi dimulai, proses kedua harus menunggu sampai yang pertama selesai. Tetapi jika diisi dengan beberapa operasi, kinerja komputer berkurang secara drastis. Kinerja CPU single-core didasarkan pada kecepatan clock dengan mengukur kekuatannya.

Dual-core CPU

CPU yang terdiri dari dua inti yang kuat dan berfungsi seperti CPU ganda yang bertindak seperti satu. Berbeda dengan CPU dengan satu Single core, prosesor harus beralih bolak-balik dalam array variabel aliran data dan jika atau lebih utas dijalankan, CPU dual-core mengelola multitasking secara efektif. Untuk memanfaatkan CPU dual-core secara efektif, program dan sistem operasi yang berjalan harus memiliki kode unik yang disebut teknologi multi-threading simultan yang tertanam di dalamnya. CPU dual-core lebih cepat daripada single core tetapi tidak sekuat CPU quad-core

Quad-core CPU

CPU quad-core adalah model yang disempurnakan dari beberapa fitur dan desain CPU inti dengan empat inti pada satu CPU. Mirip dengan CPU dual-core, yang membagi beban kerja di antara core, dan quad-core memungkinkan multitasking yang efektif. Hal Itu tidak menandakan operasi tunggal yang empat kali lebih cepat dari yang lain. Kecuali aplikasi dan program yang dijalankan dengan kode SMT akan mempercepat kecepatan dan menjadi tidak terlalu mencolok. Jenis CPU seperti itu digunakan pada orang yang perlu menjalankan beberapa program yang berbeda pada saat yang sama sebagai gamer, serangkaian perintah yang dioptimalkan dalam beberapa inti CPU.

Processor Hexa Core

Hexa Core processors adalah prosesor multi inti lain yang tersedia dengan enam inti dan dapat menjalankan tugas yang bekerja lebih cepat daripada prosesor quad-core dan dual-core. Untuk pengguna komputer pribadi, prosesor Hexacore sederhana dan sekarang Intel diluncurkan dengan Inter core i7 pada tahun 2010 dengan prosesor Hexa core. Namun disini para pengguna smartphone hanya menggunakan prosesor quad-core dan dual-core. Saat ini, smartphone tersedia dengan prosesor hexacore.

Processor Octa-core

Dual-core dibangun dengan dua core, empat core built-in quad-core, Hexa hadir dengan enam core di mana prosesor octa dikembangkan dengan delapan core independen untuk menjalankan tugas efektif yang efisien dan bahkan bertindak lebih cepat daripada quad- prosesor inti. Prosesor octa-core yang sedang tren terdiri dari dua set prosesor quad-core yang membagi aktivitas berbeda di antara berbagai jenis. Sering kali, set inti bertenaga minimum digunakan untuk menghasilkan tugas-tugas lanjutan. Jika ada keadaan darurat atau kebutuhan, empat set inti yang cepat akan digunakan. Tepatnya, inti-okta didefinisikan secara sempurna dengan inti kode-ganda dan menyesuaikannya untuk memberikan kinerja yang efektif.

Processor Deca-core

Prosesor dengan double core terdiri dari dua core, 4 core tersedia dengan quad core, enam core tersedia dalam prosesor hexacore. Deca-core tersedia dengan sepuluh sistem independen yang digunakan untuk mengeksekusi dan mengelola tugas yang berhasil daripada prosesor lain yang dikembangkan hingga sekarang. Memiliki PC, atau perangkat apa pun yang dibuat dengan prosesor deca-core adalah pilihan terbaik. Ini lebih cepat dari prosesor lain dan sangat sukses dalam multi-tasking. Prosesor Deca-core sedang tren dengan fitur-fitur canggihnya. Sebagian besar smartphone sekarang tersedia dengan prosesor inti Deca dengan biaya rendah dan tidak pernah ketinggalan zaman. Tentunya, sebagian besar gadget di pasar diperbarui dengan prosesor baru untuk memberikan tujuan yang lebih bermanfaat bagi orang-orang.