Advertisements

Apakah Samsung Galaxy Z Flip 3 Sudah Tahan Air? Ketahui Hal ini Sebelum Membeli

Advertisements

Samsung Galaxy Z Flip 3 adalah upaya terbaru perusahaan samsung untuk membuat ponsel lipat dengan kelebihan tahan iar yang dapat diakses oleh pembeli smartphone, tetapi seberapa baik ketahanan waterproof ponsel adalah sesuatu yang harus dipikirkan oleh banyak calon pembeli. Bagaimanapun, hal itu adalah kekhawatiran yang para calon pembeli. Ponsel yang dapat dilipat memang inovatif dan keren, tetapi semua bagian yang bergerak dan celah yang tersisa di antara kedua bagian ponsel tersebut merupakan bagian terbuka terhadap kerusakan akibat debu dan air.

Sejauh ini, tidak ada model dari Samsung di jajaran Flip atau Fold yang menawarkan fungsi hanan air dalam bentuk apa pun, meskipun perusahaan telah merancang beberapa trik untuk mencegah partikel debu. Dengan celah yang tersisa di antara bagian engsel yang bergerak, selalu ada risiko tetesan air merembes ke dalam yang pada akhirnya dapat menyebabkan korosi pada bagian logam atau, lebih buruk lagi, kerusakan pada bit elektronik yang sensitif. Sederhananya, ponsel yang dapat dilipat sejauh ini tetap menjadi barang baru yang mahal dan rumit di dunia smartphone. Apakah Galaxy Z Flip 3  ternyata berbeda secara harfiah adalah pertanyaan seribu dolar.

sumber :YT/Marques Brownlee

Apakah Galaxy Z Flip 3 Sudah Tahan Air?

Ya, Galaxy Z Flip 3 hadir dengan peringkat IPX8 untuk perlindungan terhadap kerusakan cairan atau tahan air. Samsung mengatakan clamshell foldable terbarunya dapat bertahan dalam perendaman pada kedalaman maksimum 1,5 meter hingga 30 menit. Tidak bersertifikat IP68, yang berarti Galaxy Z Flip 3 dapat menghilangkan beberapa tumpahan yang tidak disengaja, tetapi mungkin bukan ide yang baik untuk membawanya berenang di kolam atau air laut. Namun, ini masih merupakan peningkatan besar dibandingkan model sebelumnya dan juga merupakan tanda bahwa Samsung kemungkinan akan bekerja untuk lebih meningkatkan daya tahan perangkat yang dapat dilipat seiring berjalannya waktu. Samsung mengatakan sebenarnya telah menggunakan solusi perlindungan air serupa untuk Galaxy Z Fold 3  juga,

Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana Samsung berhasil mencapai itu, tentunya ini adalah sebuah kerja keras. Perusahaan dilaporkan mengandalkan dua trik utama. termasuk menyegel titik masuk dan menggunakan epoksi fleksibel khusus. Samsung menggunakan gasket karet di sekitar bagian yang terbuka seperti port USB Type-C dan slot kartu SIM. Beberapa pita dua sisi juga telah digunakan di sepanjang tepi atas dan bawah. Namun menyegel bagian-bagian di sekitar papan sirkuit dengan bagian-bagian bergerak yang dihubungkan oleh pita merupakan tantangan tersendiri, dan itu berlaku untuk Galaxy Z Fold 3 serta Galaxy Z Flip 3. Untuk mengatasinya, Samsung telah menggunakan bahan penyegel yang disebut CIPG ( cured-in-place gasket) yang disuntikkan ke sirkuit dalam bentuk cairan, tetapi berubah menjadi padat saat terkena udara.

CIPG sering digunakan dalam paket komponen listrik karena menawarkan daya rekat permukaan yang kuat, elastisitas tinggi, dan retensi bentuk sambil memungkinkan dua komponen saling bergerak. Sealant fleksibel ini memberikan tingkat pergerakan yang lebih tinggi antara komponen sirkuit daripada paking karet dan juga menolak cairan. CIPG menjembatani celah antara ujung penghubung dari PCB fleksibel dan melindungi komponen yang rentan terhadap paparan air. Tetapi jika gadget seperti iPad merupakan indikasi, penggunaan perekat berarti kemampuan perbaikan akan terpukul, yang pada akhirnya menaikkan harga layanan perbaikan yang tersedia. Tetapi pada akhirnya, memiliki beberapa bentuk ketahanan air pada ponsel mahal seperti Galaxy Z Flip 3 lebih baik daripada tidak memilikinya sama sekali.