Cara Setting Google Assistant Dark Mode Di Android dan iPhone

Google Assistant Dark Mode lebih dari sekadar pilihan gaya, karena juga dapat memperpanjang masa pakai baterai, tetapi mengaktifkan tema dark tidak disukai oleh sebagian orang.

Google  memiliki kemampuan untuk menggunakan dark mode untuk Asisten saat menggunakan  ponsel Android atau iPhone, tetapi cara mengaktifkan fitur tersebut mungkin tidak begitu jelas untuk sebagian orang. Ketika perubahan dibuat dari layar yang cerah, itu bisa sangat melegakan mata dan juga memiliki manfaat untuk perangkat. Personalisasi tampilan layar juga penting dan tema gelap yang digunakan kemungkinan akan disukai oleh mereka yang lebih banyak menggunakan ponsel di malam hari atau di dalam ruangan dalam pengaturan cahaya rendah.

Dark Mode, atau tema gelap seperti yang disebut Google , memiliki sejarah panjang dalam teknologi. Pada hari-hari awal komputasi, setiap layar secara inheren menggunakan format terang. CRT (cathode ray tube) adalah teknologi tampilan yang dominan sebelum laptop dan monitor yang menggabungkan layar LCD dan LED panel datar dimungkinkan dalam skala besar. Itu sebabnya game yang mensimulasikan perangkat keras sering menggunakan teks hijau dengan latar belakang hitam. Google telah menawarkan beberapa bentuk mode gelap di sistem operasi semartphonenya sejak 2019 ketika Android 10 dirilis.

Google Assistant memiliki kemampuan untuk menampilkan dalam dark mode, baik menggunakan ponsel Android atau iPhone, dan ini mungkin terjadi secara otomatis untuk beberapa pengguna. Untuk perangkat lain, harus diaktifkan dan metodenya dapat bervariasi tergantung pada pabrikan dan versi sistem operasi mana yang diinstal. Di Google Pixel, sebagian besar ponsel Android yang lebih baru, dan iPhone, Asisten Google akan secara otomatis muncul dengan teks terang di atas latar belakang abu-abu gelap jika tampilan diatur ke tema gelap di aplikasi Pengaturan. Dengan ponsel Android, membuka aplikasi Pengaturan dan mulai mengetik ‘ tema gelap/dark mode ‘ di bilah pencarian akan mengungkapkan opsi yang sesuai. Dengan iPhone, metode yang sama, tetapi mengetik ‘ mode gelap/dark mode ‘ akan memunculkan kontrol. Mengaktifkan pengaturan tampilan seluruh sistem biasanya cukup untuk mengalihkan Asisten Google ke tema gelapnya.

Mengaktifkan Google Assistant Dark Mode Secara Manual

Untuk perangkat Android yang masih menampilkan Asisten dengan tema ringan, bertentangan dengan pengaturan sistem, dapat diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah ini.

  1. Pertama, buka Google Assistant, yang muncul sebagai ‘ Google ‘ di aplikasi,
  2. lalu ketuk tombol elipsis, yang terlihat seperti tiga titik horizontal, untuk melihat opsi personalisasi. Klik Pengaturan Umum , lalu menggulir ke bawah untuk menemukan Tema
  3. Pilih ‘ Gelap/Dark Mode ‘ akan memaksa Asisten untuk menggunakan tema gelap/dark mode.

Dark mode lebih dari sekadar preferensi pribadi atau pilihan gaya karena juga dikenal dapat mengurangi penggunaan baterai. Penghematan daya tergantung pada jenis layar di setiap telepon. Untuk sebagian besar perangkat, kecerahan layar sering kali menjadi faktor terbesar dalam berapa lama baterai bertahan . Menurunkan kecerahan secara keseluruhan jelas membantu memperpanjang waktu penggunaan di antara pengisian daya dan ini berlaku untuk layar LCD (liquid crystal display) dan OLED (organic light-emitting diode). Untuk tampilan OLED, setiap piksel yang aktif membutuhkan daya dan piksel yang lebih terang menggunakan lebih banyak energi.

Namun, mode gelap kurang efektif dalam mengurangi keborosan daya saat menggunakan ponsel dengan layar LCD, karena menggunakan pemblokiran atau pemfilteran untuk mengontrol piksel yang menghasilkan cahaya. Penggunaan daya yang lebih besar berasal dari lampu latar yang merupakan sumber kecerahan layar sebenarnya untuk teknologi tampilan ini. Terlepas dari kapan atau mengapa mode gelap digunakan, yang terbaik adalah ketika semua elemen dan aplikasi menyetujui hal ini, jadi tidak ada whiteout yang mencolok saat membuka sesuatu yang baru. Dengan tips di atas, seharusnya lebih mudah mengelola tema Google Assistant di ponsel Android atau iPhone apa pun.

Kata Kunci
cara seting asisten mode gelap -