Apa itu YouTube Music? Fitur dan Harga Langganan

YouTube Music adalah layanan streaming musik dari Google. Tersedia untuk iOS , Android , dan desktop , ini ditujukan untuk orang-orang yang sebagian besar menggunakan aplikasi YouTube untuk streaming musik, tetapi ingin ada ilkan yang tampil saat mendengarkan music.

Pada dasarnya gabungan dari aplikasi YouTube asli dan Google Play Musik, YouTube Music berfokus sepenuhnya pada lagu, dan menampung berbagai macam video musik dan trek audio. Google tidak memberikan angka pasti untuk berapa banyak musik yang tersedia, tetapi akan sulit untuk membandingkan keduanya secara langsung karena banyaknya konten lain yang ditawarkan oleh YouTube Music, termasuk pertunjukan langsung dan video dari konser.

Untuk menyimpan audio langsung dari video, lihat panduan kami untuk pengonversi YouTube ke MP3 gratis dan pengunduh YouTube gratis .

Berapa biaya Langganan YouTube Music?

Kamu hanya dapat menggunakan musik YouTube dengan langganan atau uji coba yang valid, tidak seperti beberapa layanan streaming musik seperti Spotify, tidak ada versi gratis yang didukung iklan.

YouTube Music seharga Rp49,000/bulan, yang sama dengan kebanyakan layanan streaming musik lainnya, termasuk Spotify, Apple Music, dan Deezer. Kamu dapat mencobanya gratis selama sebulan sebelum memutuskan apakah akan melakukan, dan Kamu dapat membatalkan kapan saja tanpa terlalu banyak kesulitan. YouTube Music juga disertakan jika Kamu berlangganan YouTube Premium, dengan biaya Rp89,000 ribu/bulan.

Jika Kamu sudah memiliki langganan Google Play Musik, Kamu akan menemukan bahwa YouTube Music diberikan secara gratis. Cukup unduh aplikasi dan masuk menggunakan akun yang sama yang Kamu gunakan untuk Google Play Musik.

Fitur apa yang Tersedia pada YouTube Music?

YouTube Music juga memungkinkan Kamu untuk terus mendengarkan audio saat menggunakan aplikasi lain atau mematikan layar ponsel, yang tidak dapat dilakukan dengan aplikasi YouTube gratis. Kamu juga dapat mengunduh lagu dan video untuk dinikmati secara offline, meskipun ini tidak disimpan di perangkat Kamu dalam format yang dapat dengan mudah dibagikan atau ditransfer (yang dapat dimengerti untuk menghindari pembajakan).

YouTube Music juga terintegrasi dengan aplikasi Jam Google, sehingga Kamu dapat dibangunkan oleh lagu pilihan Kamu di pagi hari.

YouTube Music bekerja sangat baik untuk menemukan trek baru berkat sistem rekomendasinya. Pertama kali Kamu menjalankan aplikasi, Kamu akan diminta untuk memilih beberapa artis favorit Kamu sehingga dapat mulai merekomendasikan lagu, dan personalisasi ditingkatkan dengan setiap lagu baru yang Kamu dengarkan saat layanan membangun gambaran kebiasaan mendengarkan Kamu dan preferensi.

Lagu ‘Menyukai’ akan menambahkannya ke daftar putar, dan menentukan lagu mana yang ditambahkan YouTube Music ke ‘Campuran Kamu’ (daftar putar lagu yang direkomendasikan yang dibuat secara otomatis). Ada juga daftar putar lain yang tersedia, termasuk rilis baru, daftar bertema, dan daftar putar untuk waktu tertentu dalam sehari. Kamu dapat mendengarkan ‘stasiun radio’ berdasarkan artis atau trek tertentu.

YouTube Music juga menyelenggarakan pertunjukan langsung, yang menyediakan platform praktis untuk artis kecil, meskipun ini tidak terlalu dipromosikan di aplikasi. Kamu juga dapat menemukan pertunjukan konser langsung, dan video yang direkam oleh penggemar.

Sayang sekali tidak ada aplikasi macOS atau Windows yang tepat, meskipun Kamu dapat menggunakan YouTube Music di desktop, Kamu harus melakukannya menggunakan browser web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *