Advertisements

Review Intel Core i9-11900K. Apakah bisa Mengalahkan AMD?

Advertisements

Review Intel Core i9-11900K menunjukkan spesifikasi yang solid tapi pertanyaannya masih tetap ada, apakah bisa mengalahkan AMD? Sementara Intel telah menjadi merek yang kuat selama bertahun-tahun dan sebelumnya merupakan merek terkemuka dalam hal chip CPU dan GPU, AMD belakangan ini keluar dengan chip yang lebih murah dan juga lebih kuat untuk menandingi Intel dan Nvidia.

                                      foto : Screenshot from Intel

Intel Core i9-11900K vs AMD

Intel Core i9-11900K sebenarnya dirancang untuk mengalahkan AMD tetapi hasilnya mungkin menunjukkan sebaliknya. Menurut postingan dari beberapa sumber, Intel Core i9-11900K hanya memiliki beberapa kemenangan frame rate untuk ditampilkan dengan sendirinya. Ini juga tidak terlalu cepat secara nyata dibandingkan dengan generasi terakhir i9.

Faktanya, Intel Core i9-11900K baru menunjukkan kekuatan pemrosesan multithread yang lebih lambat dibandingkan dengan i9 generasi terakhir. CPU dilaporkan lebih mahal, memiliki lembar spesifikasi yang lebih lemah, dan juga “jauh lebih haus”.

Menurut review beberapa gamers yang sudah mencoba langsung processor ini, sarannya bagi para gamer untuk tidak membeli i9-11900K terutama jika mereka mencoba merakit PC sendiri. Alasan untuk ini adalah karena ada chip yang “secara obyektif” lebih baik di pasaran dari AMD atau bahkan CPU Intel generasi sebelumnya.

Perbandingan i9-11900K Pro dan  Intel i9-11900K Cons

Intel i9-11900K Pro

  • Intel Core i9-11900K plus Z590 plus Adaptive Boost setara dengan 5.1GHz di semua core
  • Fitur overclocking baru
  • Mendukung PCIe 4.0
  • Kompatibel dengan motherboard Z490 yang ada
  • FPS game yang sedikit lebih cepat dibandingkan dengan AMD

Intel i9-11900K Cons

  • Performa multi-threaded tidak bisa bersaing dengan AMD
  • Membutuhkan pendinginan cairan agar mendapatkan pengoperasian yang optimal
  • Tidak termasuk pendinginan cair
  • Early stumbles in BIOS
  • Hanya memiliki delapan inti dibandingkan dengan sepuluh pada i9-10900K sebelumnya
  • Menggunakan terlalu banyak daya
  • Harga Intel Core i9-11900K

Harga Intel i9-11900K cukup tinggi, apalagi di harga tertingginya karena banyaknya permintaan CPU. Harga saat ini di Tokopedia adalah sekitar 10 juta sedangkan harga online tertinggi adalah sekitar 12 juta (harga dapat berubah-ubah). Mungkin ada baiknya mencoba berbagai situs dan mencari CPU sebelum membelinya karena tuntutan harga yang sangat tinggi.

Pilih mana Intel atau AMD?

Jika dibandingkan dengan AMD, pembeli sebenarnya akan mendapatkan opsi untuk jumlah core yang lebih besar yang secara efektif memiliki tingkat kinerja gaming yang sama. Menurut postingan beberapa Gamers, pengguna bisa mendapatkan platform berkemampuan PCIe 4.0 yang lebih matang serta chip delapan inti yang lebih terjangkau di pasar.

Ketika Ryzen 9 5900X yang kuat akhirnya kembali tersedia, AMD dilaporkan memiliki penawaran CPU serba bisa terbaik di luar sana. Untuk menjawab pertanyaan apakah pembeli harus memilih chip Intel i9-11900K atau AMD, jawaban dari para pengguna saat melakukan  review adalah untuk tidak membeli Intel Core i9-11900K karena ada chip yang lebih baik dari AMD dan bahkan generasi Intel sebelumnya.

Jadi, processor mana yang kamu pilih. Beli yang baru dengan kualitas seadanya dan harga selangit, atau pilih generasi sebelumnya yang kualitas nya hanya beda tipis ? tentunya pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu ya. Coba liat kembail keunggulan dan kualitas yang ditawarkan setiap produk sebelum membeli, agar kamu tidak salah saat mengambil keputusan.