Pengertian Personal Computer, Sejarah dan Komponennya

Pengertian Personal Computer

Kita pasti bertanya-tanya apa itu Personal Computer?. Secara teknis Personal Computer adalah Komputer pribadi yang memiliki tujuan umum untuk penggunaan secara tunggal/personal. Nama lain dari personal computer adalah Komputer Pribadi (PC). Pada dasarnya komputer ini digunakan pada lingkungan rumah, kantor, toko dll, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Personal Computer berfungsi untuk mengelola Data Input dan Output atau informasi lain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya. Kompuer ini biasanya memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan ada yang murah biasanya digunakan untuk kebutuhan kantor dan toko, dan ada juga yang sangat mahal, biasanya digunakan untuk kebutuhan bermain game, karena harus memiliki spesifikasi computer yang sangat tinggi (high end).

Sejarah Personal Computer

Pada masa lampau Personal Computer (PC) di rancang dan digunakan khusus untuk organisasi/prusahaan besar yang bergerak di bidang pemasangan terminal tipis dan digunakan untuk banyak pengguna dengan satu komputer besar yang membagikan sumber daya nya ke semua pengguna. Setelah kemunculan Komputer Personal (PC) mematahkan tradisi penggunaan nya hanya untuk komputasi terminal. Pada akhir tahun 1980-an, kemajuan zaman teknologi memungkinkan pembuatan komputer yang lebih minimalis yang dapat dimiliki dan digunakan setiap orang secara personal.

Penggunaan Personal Komputer mulai tersebar dan banyak di gunakan pada tahun 1980-an, Tentu saya komputer ini di jual dengan sanggat mahal. Sejarah mengatakan bahwa mesin hitung adalah pendahulu dari komputer. Dan itu adalah pengembangan dari sistem operasi antarmuka yang efektif dan penggunaan yang ramah memberikan dorongan pengembangan menjadi pengolahan kata.

Menurut sejarah, Personal Computer pertama diluncurkan tahun 1971. Komputer pertama memiliki memori 256 byte dan diiklankan oleh Scientific American dengan harga $750, namun, komputer ini tidak memiliki CPU dan seperti sistem lain nya di era itu, komputer ini dirancang hanya untuk penggunaan pendidikan.

Foto : freepik

Komponen Personal Computer

HARDWARE (Perangkat Keras)

Hardware adalah kumpulan perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, dirabah, dan dirasakan. Hardware terdiri dari 5 bagian :

  • Input Device: (Keyboard, Mouse, dll),
  • Process Device: (Processor, Motherboard, RAM, dll),
  • Output Device:  (Monitor, Printer, dll),
  • Storage Device: (Hard disk, Flash disk, dll),
  • Peripheral Device: (WebCam, Modem, dll)

SOFTWARE (Perangkat Lunak)

Software adalah perangkat lunak yang diprogram, disimpan dan diformat secara digital dan mempunyai fungsi tertentu sesuai dengan pembuatannya. Software tidak memiliki bentuk fisik dan kamu bisa mengoprasikan nya menggunakan prangkat komputer. Software secara umum terdiri dari 3 bagian yaitu

Operating System (Sistem Operasi)

Sistem operasi menentukan cara komputer menyimpan file, beralih di antara aplikasi yang berbeda, mengelola memori, menjaga keamanannya sendiri, dan berinteraksi dengan periferal seperti printer dan kamera. Sistem operasi yang berbeda mengambil pendekatan yang berbeda untuk semua ini, itulah sebabnya Anda biasanya tidak dapat menjalankan program Windows di komputer Macintosh dan mengapa izin terlihat berbeda di ponsel Android daripada di iPhone.

Sistem operasi yang berbeda berjalan pada jenis perangkat keras yang berbeda dan dirancang untuk jenis aplikasi yang berbeda. Misalnya, iOS dirancang untuk tablet iPhone dan iPad, sedangkan desktop dan laptop Mac menggunakan macOS. Komputer atau ponsel cerdas Anda dilengkapi dengan OS, tetapi Anda dapat menginstal OS lain dalam beberapa kasus.

Programming Language (Bahasa Pemrograman)

Bahasa pemrograman komputer memungkinkan kita memberikan instruksi kepada komputer dalam bahasa yang dimengerti komputer. Sama seperti banyak bahasa berbasis manusia yang ada, ada berbagai bahasa pemrograman komputer yang dapat digunakan pemrogram untuk berkomunikasi dengan komputer. Porsi bahasa yang dapat dipahami komputer disebut “biner”. Menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam biner dikenal sebagai “kompilasi”. Setiap bahasa, dari Bahasa C hingga Python, memiliki fitur tersendiri, meskipun sering kali ada kesamaan antara bahasa pemrograman.

Bahasa-bahasa ini memungkinkan komputer dengan cepat dan efisien memproses petak informasi yang besar dan kompleks. Misalnya, jika seseorang diberi daftar nomor acak mulai dari satu hingga sepuluh ribu dan diminta untuk menempatkannya dalam urutan menaik, kemungkinan itu akan memakan waktu yang cukup lama dan menyertakan beberapa kesalahan.

Program Aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang sudah umum digunakan seperti aplikasi untuk menyelesaikan tugas tugas tertentu. Software disini berfungsi sebagai alat pembuatan dari aplikasi itu sendiri. Contoh dari aplikasi itu adalah Excel, Mozila, Microsoft Word.

Brainware (pengguna/user)

Brainware adalah isitilah yang digunakan untuk menggambarkan manusia yang berhubungan langsung dengan sistem komputer. Manusia adalah bagian penting dalam sistem komputer. Manusia mengambil bagian untuk merancang sistem komputer agar dapat bekerja sesuai yang diinginkan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *