Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Tanpa Harus Di Format

Kerusakan Hardisk/Hard Drive biasanya terjadi karena kesalahan sistem file yang mengubah Hardisk menjadi RAW. Kesalahan tersebut biasanya disebabkan oleh bad sector, sistem mengalami (crash), biasanya masalah terjadi pada perangkat lunak atau perangkat keras, dan terkadang karena kerusakan fisik total. Cara Paling sederhana untuk mem perbaiki Hardisk yang rusak adalah dengan di format. Tetapi, cara ini menyebabkan kamu akan kehilangan data secara permanen.

Jadi, pada postingan ini kita akan membahas langkah-langkah yang dapat memperbaiki kerusakan Hardisk tanpa memformat drive. Dengan kata lain, langkah-langkah untuk memperbaiki hard disk yang rusak tanpa kehilangan datanya.

Apa Penyebab Hardisk Corrupted/Rusak ?

Saat drive diformat dengan sistem file seperti NTFS, FAT16 / 32, exFAT, dll., Itu membuat tabel tempat catatan file disimpan. NTFS membuat Tabel File Master (MFT) sementara sistem file FAT menyimpan catatan ini dalam Tabel Alokasi File (FAT). Setelah format, setiap file yang Anda potong / salin / tempel memasukkan catatan di tabel.

Catatan: file ini berisi alamat fisik file pada Hardisk bersama dengan detail file lainnya seperti format file, tanggal pembuatan, tanggal modifikasi, ukuran, dll.

Jadi ketika drive terhubung ke sistem, OS membaca tabel sistem file dan menampilkan file dan folder yang ada bersama dengan detail yang diambil dari tabel. Ketika tabel ini rusak, akibat nya OS tidak terbaca dan tidak dapat mengenali sistem file dan karenanya, menunjukkan drive sebagai RAW.

Ini adalah langkah-langkah bagaimana cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak tanpa Memformat

Ikuti langkah-langkah ini untuk memperbaiki Hardisk yang rusak tanpa pemformatan, dan mendapatkan kembali datanya.

Scan Menggunakan Antivirus

Hubungkan Hardisk ke PC/Laptop Windows dan gunakan alat antivirus yang sering kamu gunakan untuk memindai drive atau sistem. Terkadang, virus dan malware dapat menyebabkan kerusakan pada Hardisk. Jika pemindaian antivirus berhasil hail ini dapat memperbaiki hard disk  yang rusak dan membuat drive dapat diakses.

Melakukan CHKDSK Scan

Pemindaian CHKDSK terbilang baik untuk drive penyimpanan dan Kamu harus menjalankannya sesekali. CHKDSK menandai sektor rusak dan mencegah kerusakan data dengan memperbaiki kesalahan sistem file.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menjalankan pemindaian CHKDSK dan memperbaiki hard drive yang rusak tanpa memformat:

  • Buka  Command Prompt atau yang biasa disebut CMD
  • Pastikan drive yang rusak terhubung ke sistem
  • Kemudian ketik chkdsk / r / f X : di mana X adalah huruf drive. Ganti X dengan huruf drive Anda yang rusak dan tekan ‘ Enter. 
  • Tunggu hingga selesai dan kemudian restart PC untuk memeriksa apakah drive dapat diakses.

CATATAN: Jika Anda melihat pesan peringatan pada CMD, tekan ‘Y’ pada keyboard dan kemudian tombol ‘Enter’ .

CATATAN PENTING: Bad sector dapat menyebabkan kerusakan drive, dan tidak ada cara untuk memperbaiki bad sector selain pemindaian CHKDSK untuk mencegah kerusakan data dan kesalahan drive.

Melakukan SFC Scan

Pemindaian SFC membantu memperbaiki file sistem Windows yang rusak atau hilang yang dapat menyebabkan kerusakan drive. Pemindaian memeriksa integritas file sistem dan mengganti file sistem yang korup atau rusak dengan salinan cache yang disimpan di dalam sistem.

  • Untuk menjalankan pemindaian SFC, buka jendela Command Prompt yang dan ketik sfc / scannow
  • Jika drive eksternal, ketik sfc / SCANNOW / OFFBOOTDIR = c: \ / OFFWINDIR = c: \ windows
  • Ganti huruf c: dengan huruf hard drive Anda.

Tunggu hingga pemindaian selesai dan kemudian mulai ulang sistem. Periksa apakah Kamu dapat mengakses drive sekarang dan memasikan hardisk telah selesai diperbaiki.

Gunakan Alat Pemulihan Data

Sangat mungkin bahwa langkah – langkah di atas gagal memperbaiki Hardisk / hard drive yang rusak. Terkadang, kerusakan parah, dan metode yang disebutkan di atas hanya dapat memperbaiki beberapa masalah kerusakan kecil pada drive .

Namun, perangkat lunak pemulihan data seperti Stellar Data Recovery dan easeus data recovery dapat dengan cepat memulihkan file dari hard drive yang rusak parah dan diformat atau partisi yang dihapus. Meskipun Windows mungkin tidak mengenali Hardisk yang rusak sebagai data yang dapat digunakan, perangkat lunak ini dapat mendukung pemulihan dari hard drive yang rusak (RAW).

Cukup ikuti langkah-langkah yang penggunaan software tersebut untuk mendapatkan kembali data dengan cepat.

Sekarang Kamu mungkin telah memulihkan data dari hard drive yang rusak, format drive untuk memperbaikinya.

Buka Manajemen Disk, format drive RAW (rusak), lalu transfer data yang telah dipulihkan dan lihat apakah kamu bisa mengakses semua data yang telah dipulihkan.

Kesimpulan

Kerusakan Hardisk adalah masalah yang sering terjadi baik hardisk internal dan external, yang merupakan salah satu alasan umum hilangnya data dan berbagai aplikasi di seluruh dunia. Namun, Kamu dapat melindungi hard diperbaiki dari kerusakan dengan mengikuti praktik terbaik yang kita bahas dalam posting ini, tapa harus menggunakan jasa perbaikan hardisk yang cukup mahal.

Tetapi jika itu terjadi, ikuti langkah-langkah yang kami jelaskan di posting ini untuk memperbaiki drive yang rusak tanpa memformat, dan mendapatkan kembali data penting Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *