perencanaan keuangan pasangan muda
perencanaan keuangan pasangan muda

Pelajari Perencanaan Keuangan Pasangan Muda

Dalam pernikahan ada banyak hal yang harus Anda pelajari salah satunya tips tentang perencanaan keuangan pasangan muda. Pasalnya setelah menikah akan terdapat berbagai macam pengeluaran terutama jika nanti sudah memiliki anak.

Sebelumnya pastikan bahwa Anda dan pasangan telah memiliki visi misi atau tujuan yang sama. Agar ketika mengatur segalanya dalam rumah tangga bisa lebih sejalan dan tidak begitu banyak perbedaan yang menimbulkan pertengkaran.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Dalam Rumah Tangga

Perkara uang kadang bisa menimbulkan perpecahan, terutama di tengah mahalnya harga berbagai kebutuhan. Oleh karena itu, Anda wajib mempelajari tentang bagaimana cara mengatur keuangan yang baik supaya uang yang dikeluarkan tidak dipakai untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu penting.

Apalagi dalam sebuah pernikahan kini Anda tidak lagi hidup untuk diri sendiri, melainkan ada pasangan juga yang harus Anda dengar segala saran dan keinginannya. Perencanaan keuangan juga membantu kondisi finansial Anda dan keluarga tetap stabil bahkan dalam situasi apapun.

Kiat Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Muda

Ada sejumlah tips atau kiat-kiat khusus yang mungkin saja bisa Anda coba agar keuangan dalam rumah tangga tidak berantakan. Mari simak!

1. Pastikan Komunikasi Lancar

Sebelum memulai untuk mengatur keuangan bersama, pastikan bahwa komunikasi antara Anda dan pasangan memang lancar. Dalam artian, keduanya harus mengesampingkan ego masing-masing serta tidak memaksakan pendapat.

Sebab, banyak pasangan di luar sana yang keluarganya tidak harmonis karena masalah komunikasi yang kurang lancar. Apalagi jika sama-sama saling meninggikan ego dan merasa benar terhadap diri sendiri.

2. Menentukan Prioritas

Saat menikah, kebutuhan akan semakin bertambah dan Anda harus menyadari hal tersebut. Terutama jika yang diandalkan hanyalah satu sumber penghasilan, maka penting untuk mendiskusikan tentang apa saja hal-hal yang akan menjadi prioritas utama.

Tabungan sudah pasti adalah prioritas utama, kemudian Anda perlu menyusun ulang semuanya dan mendengarkan pendapat satu sama lain. Pastikan jika Anda memilih tujuan yang sama dalam hal prioritas atau temukan jalan tengah yang baik agar terhindar dari perselisihan.

4. Catat Segalanya dengan Detail

Tak hanya bagi pasangan muda saja, tapi siapapun yang ingin mengatur keuangan dengan baik wajib untuk mencatat segala pengeluaran dan pemasukan dengan detail. Bahkan jika perlu Anda menyimpang struk atau nota setiap kali membeli suatu barang.

Dengan pencatatan yang rapi dan detail, Anda bisa menelaah kembali pengeluaran yang Anda gelontorkan selama 1 bulan. Kemudian melakukan introspeksi apakah selama ini Anda dan pasangan lebih banyak membeli barang untuk kebutuhan atau keinginan semata.

Jika terlalu sibuk untuk mencatat secara manual, mungkin Anda bisa meminta bantuan dari berbagai aplikasi keuangan yang bisa membuat pencatatan jadi lebih rapi. Aplikasi tersebut bisa diunduh di smartphone dan dibuka kapanpun Anda merasa butuh sehingga jauh lebih praktis.

5. Wajib Memiliki Dana Darurat

Saat sudah menikah, mempunyai dana darurat adalah hal yang tak kalah pentingnya. Sebelum Anda membelanjakan penghasilan untuk ini dan itu, dana darurat ini harus segera diambil. Walaupun tidak banyak, tapi setidaknya Anda sudah berusaha untuk menyisihkan itu.

Sebab nanti di masa depan tidak pernah ada yang tahu apa yang bisa saja terjadi. Misalnya saat istri atau suami yang sakit, kondisi hamil atau bisa juga untuk keperluan ketika akan memiliki bayi. Sebisa mungkin tekankan bahwa dana darurat hanya boleh diambil saat kebutuhan benar-benar mendesak saja.

6. Investasi Bersama

Berbicara tentang investasi bersama dengan pasangan juga salah satu perencanaan keuangan yang harus Anda lakukan. Investasi memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menambah penghasilannya Anda jika investasi yang dilakukan tersebut sudah tepat.

Selain itu, hal ini juga dapat bermanfaat apabila suatu saat ada keadaan darurat yang terjadi misalnya Anda dipecat dari pekerjaan, butuh untuk memperbaiki hunian dan masih banyak lagi.

7. Menghindari Berhutang

Utang adalah salah satu hal yang sangat tidak dianjurkan, apalagi jika Anda sudah memilih pasangan dan tidak saling mendiskusikan hal tersebut. Utang akan sangat menyulitkan perencanaan keuangan keluarga dan bisa membuat Anda terjerumus dalam hal-hal konsumtif.

Saat ini sudah banyak aplikasi pinjaman dengan bunga tinggi yang sebaiknya dihindari. Akan lebih baik apabila hidup sederhana dan cukup daripada harus hidup mewah tapi hasil dari berhutang. Bahkan tak jarang bila utang hanya dapat menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga dan menjadikan keluarga tidak harmonis.

Itulah seputar tips perencanaan keuangan pasangan muda yang harus sangat diperhatikan demi mencapai keluarga yang bahagia. Sebisa mungkin untuk setiap pengambilan keputusan harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan agar tidak terjadi salah paham. Meskipun gaji pas-pasan asal diatur dengan baik maka bisa mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Semoga bermanfaat!