6 Investasi Syariah Terbaik yang Aman dan Menguntungkan

Salah satu investasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini adalah investasi berbasis syariah. Pilihan ini menjadi opsi bagi orang muslim yang ingin menanamkan modal tanpa melanggar syariat. Sayangnya, tidak semua investasi syariah menjanjikan potensi keuntungan yang sama.

Dalam ulasan kali ini, kami akan merangkumkan beberapa jenis investasi syariah terbaik yang aman dan menguntungkan untuk Anda.

Pilihan Investasi Syariah Terbaik

Ketika memutuskan untuk investasi berbasis syariat, rata-rata pilihan keuntungan tidak melulu menyoal uang. Lebih dari itu, beberapa produk investasi jenis ini menawarkan penyaluran keuntungan Anda untuk tujuan kemaslahatan umat.

Apa saja pilihan yang bisa Anda pertimbangkan?

1. Reksa Dana Syariah

Salah satu instrumen investasi yang banyak diincar investor pemula adalah reksa dana. Anda bisa mencoba reksa dana pasar uang hingga saham. Kabar baiknya, kini juga sudah hadir reksa dana syariah yang menargetkan investor muslim di Indonesia.

Dalam model investasi ini, Anda hanya perlu menyetor sejumlah dana yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi bertindak sebagai pengelola modal dan memutuskan strategi serta teknik yang akan dipakai dalam pengembangan dana.

Uniknya, ada proses cleansing dalam instrumen investasi satu ini. Tujuannya agar tidak ada hal-hal yang mengganggu aspek kehalalan uang yang dikelola tadi.

2. Deposito Syariah

Pilihan kedua adalah deposito syariah yang merupakan tabungan berjangka dari bank syariah di Indonesia. Secara umum, mekanisme tabungan berjangka ini kurang lebih sama dengan versi biasa.

Hanya saja, konsepnya Anda sebagai pemilik dana akan musyawarah mufakat dengan pihak bank di awal. Ini terkait dengan jumlah keuntungan per bulan serta pengelolaan dananya.

Produk ini akan memberikan Anda keuntungan sesuai dengan kesepakatan dan sesuai syariat islam. Win-win solution kan?

3. Sukuk

Menurut fatwa MUI, sukuk termasuk Efek Syariah yang memiliki bentuk berupa sertifikat dengan nilai sama dan mewakili pemilik yang tidak bisa ditentukan batas-batasnya atas underlying assets. Aset yang mendasarinya ini contohnya tanah, jasa, proyek pembangunan, dan lain-lain.

Sukuk masuk dalam instrumen yang bertujuan untuk menghimpun dana demi kepentingan umum. Selain itu, penghimpunan dana ini juga berfungsi sebagai media untuk meningkatkan serta mengembangkan modal.

Beberapa jenis sukuk yang terdaftar secara global dan mendapat pengakuan dari lembaga keuangan islam (AAOIFI) adalah sukuk saham, sukuk istisna, sukuk musyarakah, sukuk ijarah, sukuk murabahah, dan juga sukuk mudharabah.

Hasil keuntungan dari investasi syariah satu ini adalah margin, imbalan, dan juga bagi hasil.

4. Saham Syariah

Investasi saham selalu menjadi penggoda ulung bagi investor yang suka dengan risiko dan return tinggi. Namun, keterbatasan pilihan emiten terkadang membuat investor beragama islam masih maju mundur untuk memutuskan berinvestasi.

Untungnya, saat ini emiten di pasar modal terus tumbuh sehingga muncul pilihan saham syariah. Terhitung di tahun 2021 saja, sudah ada sekitar 499 saham syariah yang terdaftar di Daftar Efek Syariah.

Pertumbuhan dari tahun 2020 ke tahun 2021 juga cukup signifikan, yakni mencapai 15,5%. Dengan pilihan ini, Anda bisa lebih leluasa memilih emiten-emiten dengan potensi keuntungan terbaik untuk investasi saham di pasar modal.

Sebagai informasi saja, perusahaan perbankan (atau sektor pinjaman), industri rokok dan alkohol, hingga makanan tidak masuk dalam kategori ini ya.

5. CWLS Ritel (Cash Waqf Linked Sukuk Ritel)

Salah satu produk keuangan berbasis syariah yang diterbitkan pemerintah adalah CWLS Ritel. Produk ini merupakan investasi dana wakaf tunai pada sukuk negara. Nantinya, imbal hasil dari CWLS akan disalurkan untuk program sosial dan pemberdayaan ekonomi umat.

Sesuai dengan ketentuan dalam syariat islam, investor di instrumen CWLS Ritel hanya akan mendapatkan pokoknya saja. Produk ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mendapat keuntungan, tetapi memiliki tujuan untuk berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan.

Anda yang tertarik membeli produk ini bisa memilih sukuk wakaf dari Bank Syariah Indonesia maupun CIMB Niaga Syariah.

6. SLW (Sukuk Linked Waqf)

Opsi selanjutnya masih dari Badan Wakaf Indonesia yang mengeluarkan produk wakaf lain, yakni SLW. Produk ini diterbitkan oleh mitra nazir, yakni bank syariah yang beroperasi di Indonesia.

SLW sendiri merupakan investasi di atas tanah wakaf. Tujuan penerbitan produk keuangan satu ini adalah untuk mengoptimalkan tanah wakaf yang sebelumnya kekurangan biaya dalam pengelolaan dan pembangunan.

Produk ini hadir untuk membiayai pembangunan di atas tanah wakaf tadi.

Bagi masyarakat muslim, mendapatkan pilihan untuk berinvestasi sesuai dengan ajaran agama tentunya menjadi angin segar. Dari beberapa pilihan investasi syariah terbaik yang aman dan menguntungkan di atas, mana yang jadi pilihan Anda?