Cara Mengatasi Tombol Windows Tidak Berfungsi

Start menu pada laptop atau PC pribadi adalah hal yang sangat penting untuk sebuah perangkat komputer yang menggunakan OS windows.  Jika seandainya tombol/start menu windows tersebut tidak berfungsi, maka mencari cara mengatasi tombol windows tidak berfungsi adalah hal yang pertama akan kalian lakukan.

Kita bisa mencari berbagai aplikasi yang sudah terpasang, dan mencari file-file yang tersimpan didalam komputer lewat start menu windows tersebut. Tak heran jika kebanyakan orang akan panik jika tombol start menu windows nya tidak berfungsi karena tombol tersebut sangat vital untuk perangkat komputer berbasis windows OS.

Sebelum mencari cara mengatasi tombol windows tidak berfungsi, alangkah baiknya kalian mengerti dulu penyebab tombol start menu tersebut tidak berfungsi. Masalah yang sering terjadi adalah menu start tidak bisa muncul sama sekali dan bisa muncul tapi harus menunggu beberapa detik tetapi masih tetap tidak berfungsi.

Untuk penyebab nya ada beberapa yaitu terjadi kerusakan pada tombol windows,  kerusakan pada file start menu, terdapat eror file pada windows explorer, start menu tidak dapat bekerja pada akun microsoft kita, dan windows mendeteksi adanya kesalahan pada start menu.

Tetap tenang dan jangan khawatir, kali ini saya akan membagikan cara mengatasi tombol windows tidak berfungsi pada perangkat komputer kalian, dan berikut ini adalah cara yang bisa kalian ikuti.

Cara Mengatasi Tombol/Start Menu Windows tidak Berfungsi

1. Cek Tombol Windows yang ada di Keyboard

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah memastikan kerusakan tidak terjadi pada tombol windows yang berada di keyboard, jika kerusakan terjadi pada keyboard, maka cara yang akan saya bahas selanjutnya tidak akan berarti.

Coba klik icon windows yang berada di taskbar, jika berfungsi berarti tombol windows kalian yang rusak. Kalian bisa mengatasinya dengan mengganti keyboard atau mengoprek keyboard kalian sendiri untuk diperbaiki. Jika kalian pengguna laptop, silahkan gunakan tambahan keyboard eksternal terlebih dahulu.

2. Restart Windows Explorer

Cara yang satu ini terbukti ampuh karena dengan melakukan restart pada windows explorer biasanya dapat membantu menyelesaikan segala masalah software yang dialami komputer.

Karena windows explorer sendiri merupakan induk atau pusat dari segala software dan sistem lainya yang berada di dalam perangkat komputer kita. Simak cara berikut ini untuk merestart windows explorer kalian.

  • Buka task manager, silahkan tekan tombol Ctrl + Shift + ESC secara bersamaan atau klik kanan pada bagian task bar lalu pilih “Start task manager”.
  • Buka tab processes, lalu cari dan pilih file “windows explore”.
  • Setelah memilih file windows explorer silahkan klik tombol “restart” yang berada di bagian bawah kanan layar atau bisa juga kalian klik kanan pada file windows explorer tersebut lalu tekan “end task”.

Selanjutnya layar laptop kalian akan berkedip dan icon menu start akan hilang sementara. Jangan panik, tugas kalian hanya perlu menunggu hingga windows explorer berjalan kembali, lalu kalian bisa coba menekan start menu windows yang tadinya eror.

3. End Task Start Menu

Cara berikut ini hampir sama dengan cara diatas, tetapi untuk bagian start menu ini kita diwajibkan melakukan end task. Berikut ini adalah caranya.

  • Buka task manager, silahkan tekan tombol Ctrl + Shift + ESC secara bersamaan atau klik kanan pada bagian task bar lalu pilih “Start task manager”.
  • Buka tab processes, lalu cari dan pilih file yang bernama “start”.
  • Klik kanan pada file start tersebut, lalu tekan “end task”

4. Jalankan Scanning File

Kalian bisa melakukan scan file jika terjadi kerusakan pada system windows yang menyebabkan start menu windows tidak bisa dibuka serta bisa memperbaiki system yang rusak tersebut.

Dengan melakukan cara berikut dan jika ada kerusakan pada system yang menyebabkan start menu tidak bisa di buka, maka akan segera diperbaiki oleh system ini. Berikut adalah cara melakukanya.

  • Buka aplikasi Comand Prompt (CMD) dan jalankan sebagai administrator.
  • Ketik script perintah “sfc/scannow” (tanpa tanda petik).
  • Tekan enter dan tunggu hingga proses nya selesai.

5. Lakukan Perintah DISM

Cara kali ini juga mirip dengan cara sebelumnya, cuma bedanya dengan scanning file, DISM akan melakukan perbaikan pada system windows yang mengalami kerusakan menggunakan pembaruan system yang ditemukan.

Pastikan saat melakukan perintah DISM perangkat kalian harus terkoneksi dengan internet. Berikut adalah caranya.

  • Buka aplikasi Comand Prompt (CMD) dan jalankan sebagai administrator.
  • Ketik script perintah “DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth” (tanpa tanda petik).
  • Tekan enter dan tunggu hingga proses nya selesai.

Tugas kalian sekarang hanya perlu menunggu hingga proses nya selesai. Melakukan perintah DISM akan memakan waktu yang cukup lama yaitu kurang-lebih selama 30 menitan, jadi kalian harus sabar menunggu.

Baiklah, itu dia beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki tombol/start menu windows yang tidak berfungsi.