Advertisements
Deadline adalah Pengertian dan Fungsinya

Deadline adalah: Pengertian dan Fungsinya

Advertisements

Apakah banyak hal yang bisa diselesaikan di dunia ini jika bukan karena deadline? Apakah hal itu dipaksakan kepada Anda oleh seorang Dosen, Bos, atau diri Anda sendiri, deadline penting untuk membantu Anda tetap fokus.

Pengertian Deadline dan Contohnya

Deadline adalah Waktu atau tanggal terakhir di mana sesuatu hal seperti tugas, pekerjaan, masalah harus diselesaikan.

Sebagai contoh deadline dalam kuliah, Apa itu deadline dalam kuliah? Saat dosen memberikan tugas, dosen akan memberikan deadline tanggal pengumpulan tugas (deadline) yang harus diselesaikan sesuai tanggal yang dituntukan.

Saat Anda menyelesaikan tugas dari satu tugas ke tugas berikutnya, pada titik tertentu, Anda harus benar-benar menyelesaikan apa yang Anda mulai. Dalam artikel ini, kami meninjau delapan alasan mengapa deadline itu penting. Mereka termasuk:

  • Bekerja dengan rasa urgensi
  • Membuat anda bertanggung jawab
  • Membantu anda merencanakan
  • Memberikan arahan untuk pekerjaan anda
  • Membantu anda memprioritaskan tugas
  • Memiliki konsekuensi jika tidak terpenuhi
  • Memotivasi dan menginspirasi anda
  • Mengenali kapan suatu pekerjaan selesai

1. Deadline Membuat Anda Bekerja Dengan Urgensi

Ketika Anda bekerja untuk memenuhi deadline yang akan datang, Anda bekerja dengan urgensi dan dengan tujuan. Bagi mereka yang berjuang dengan penundaan, deadline yang semakin dekat adalah yang membantu Anda mengenali bahwa inilah saatnya untuk mulai bekerja. Meskipun Anda mungkin dapat menunda pekerjaan untuk waktu yang cukup lama, selalu ada titik kritis.

Titik kritisnya adalah ketika deadline begitu dekat sehingga memaksa Anda untuk mengambil tindakan. Selain itu, untuk menebus semua waktu yang hilang ketika Anda menunda-nunda, Anda harus bekerja dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Tanpa deadline, banyak orang akan terus menunda-nunda dan tidak pernah bekerja dengan rasa urgensi.

Bagi sebagian orang, deadline memungkinkan mereka untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Di bawah tekanan, dan seiring berjalannya waktu, mereka meningkatkannya. Seketika, semuanya tampak masuk akal, gangguan dibungkam, dan Anda benar-benar fokus pada pekerjaan.

2. Deadline Membuat Anda Bertanggung Jawab

Deadline membuat Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dalam jangka waktu yang diperlukan. Tanpa deadline, baik sukarela atau diberikan kepada Anda oleh orang lain, tidak banyak yang akan selesai.

Kegagalan untuk memenuhi deadline berarti kekecewaan bagi seseorang. Bahwa seseorang bisa menjadi klien, bos, atau bahkan diri Anda sendiri. Pikiran untuk mengecewakan seseorang dapat membantu Anda bertanggung jawab untuk memenuhi apa yang Anda katakan akan Anda lakukan.

3. Deadline Membantu Anda Membuat Rencana (Plan)

Deadline membantu Anda membuat rencana untuk menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan. Sebuah rencana biasanya terdiri dari Anda mengambil deadline dan membaginya menjadi tugas-tugas yang lebih kecil.

Anda akan jauh lebih produktif ketika Anda bekerja menuju sesuatu yang dapat dicapai. Menetapkan deadline mini dengan memecah tugas yang lebih besar adalah salah satu cara untuk membantu membuat diri Anda bertanggung jawab dan membuat Anda berada tetap pada jalurnya.

4. Deadline Memberikan Arah

Deadline memberikan arahan bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Namun, ketika deadline semakin dekat, gangguan tampaknya tidak terlalu menarik.

Saat Anda fokus pada deadline, ada tugas yang lebih penting daripada terganggu oleh ponsel Anda, berbicara dengan kolega Anda, atau acara terbaru di Netflix. Deadline dapat membantu memberikan arahan yang mungkin Anda perlukan saat Anda bekerja untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

5. Deadline Membantu Anda Memprioritaskan

Ketika Anda memiliki beberapa proyek di mana saja, apakah itu di sekolah, kantor, atau untuk bisnis Anda sendiri, deadline memungkinkan Anda untuk memprioritaskan di mana dan bagaimana Anda harus menghabiskan waktu Anda.

Dengan kehidupan yang sibuk dan ditarik ke berbagai arah sekaligus, banyak orang berjuang dengan bagaimana mereka harus menghabiskan waktu mereka. Karena mereka melakukan banyak tugas di antara item yang berbeda, produktivitas mereka terpengaruh ketika mereka melompat dari satu tugas ke tugas berikutnya.

Memprioritaskan tugas dengan deadline dapat membantu Anda menentukan di mana dan apa yang harus Anda fokuskan pada waktu Anda selanjutnya.

6. Ada Konsekuensi Jika Deadline Terlewat

Ketika Anda gagal memenuhi deadline, seringkali ada konsekuensinya. Konsekuensi ini bisa berarti kerugian finansial, kehilangan klien, reputasi yang ternoda, penurunan pangkat, kehilangan pekerjaan, daftarnya tidak ada habisnya.

Konsekuensi membantu Anda mengenali bahwa ada sesuatu yang dipertaruhkan. Ketika ada sesuatu yang dipertaruhkan, Anda bekerja sedikit lebih keras untuk memastikan bahwa gagal memenuhi deadline bukanlah suatu pilihan.

Meskipun konsekuensi dari melewatkan deadline bisa sangat parah, tindakan melewatkan deadline tidak selalu merupakan hal yang buruk.

7. Deadline Membantu Memotivasi Dan Menginspirasi

Deadline dapat menjadi motivasi yang kuat. Pikiran untuk tidak memenuhi deadline dapat menimbulkan perasaan cemas. Kecemasan yang Anda rasakan menyebabkan Anda meningkatkannya, meningkatkan kesempatan, dan memungkinkan Anda menghasilkan karya terbaik Anda.

8. Deadline Membantu Anda Mengenali Saat Pekerjaan Selesai

Jika Anda kesulitan mengenali kapan suatu pekerjaan selesai, Anda mungkin menganggap diri Anda seorang perfeksionis. Anda akan mengambil jumlah waktu yang tidak terbatas untuk menyelesaikan pekerjaan jika itu adalah pilihan.

Namun, pada titik tertentu, Anda harus dapat mengenali bahwa pekerjaan yang Anda selesaikan memenuhi atau melebihi ekspektasi Anda terhadap tugas saat Anda berangkat. Deadline adalah salah satu cara untuk membantu Anda mengenali kapan tugas selesai dan saatnya untuk pindah ke pekerjaan berikutnya.

Umumnya, Anda menyelesaikan tugas yang harus Anda lakukan dalam waktu yang Anda miliki. Memberi diri Anda dua jam untuk menyelesaikan tugas yang seharusnya memakan waktu satu jam tidak berarti Anda akan mendapatkan hasil yang dua kali lebih baik.

Lebih sering daripada tidak, itu berarti Anda akan mendapatkan hasil yang serupa, tetapi Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengalihkan perhatian, menganalisis opsi, menunda-nunda, atau mempertimbangkan detail yang tidak penting.

Deadline membantu mengenali kapan pekerjaan selesai. Upaya apa pun yang diperlukan agar Anda puas dengan produk jadi, harus diselesaikan sebelum deadline.