5 Cara Memperbaiki Touchscreen iPhone Yang Tidak Berfungsi

5 Cara Memperbaiki Touchscreen iPhone Yang Tidak Berfungsi

Touchscreen telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone, Perusahaan iPhone dan Android sekarang selalu menggunakan layar Touchscreen untuk setiap smartphone yang akan mereka produksi. Terkadang muncul masalah Touchscreen layar iPhone tidak merespons sentuhan atau tidak berfungsi dengan baik, sebenarnya hal ini jarang terjadi pada produk Apple. Ketika layar iPhone tidak berfungsi ,tentunya dapat membuat segala macam masalah saat kamu menggunakan produk kelas atas.

Masalah Touchscreen dapat memengaruhi seluruh layar atau sebagian layar. Pada artikel ini akan membahas cara memperbaiki Touchscreen iPhone yang tidak berfungsi sehingga kamu dapat menyelsaikan masalah kerusakan dan bisa menggunakan iPhone kamu kembali.

penyebab layar iphone tidak berfungsi sebagian

Bersihkan layar iPhone

Layar sentuh (Touchscreen) mungkin gagal merespons jika basah atau kotor. Hal pertama yang harus kamu coba adalah membersihkan layar iPhone dengan benar menggunakan kain bersih dan lembut. Hati-hati menggunakan saat kain yang keras atau kasar dapat menggores layar, membuatnya tidak responsif terhadap sentuhan.

Lepaskan Anti Gores (Pelindung Layar)

Menggunakan pelindung layar dapat mencegah layar iPhone retak jika jatuh. Meskipun demikian, pelindung layar juga dapat membuat layar sentuh iPhone tidak responsif terhadap sentuhan.

Penggunaan anti gores yang tidak sesuai dengan tipe iPhone juga dapat menyebabkan beberapa kendala.

Restart iPhone

Restart iPhone berguna untuk memulai ulang proses berjalanya sistem dan juga aplikasi, mungkin saja perangkat lunak menjadi penyebab bagian layar iPhone tidak berfungsi, Restart iPhone dapat memberikan solusi jika memang masalahnya ada pada sistem yang mengalami lag karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.

Restore iPhone Menggunakan iTunes

Proses restore iPhone ke pengaturan pabrik bisa jadi rumit karena cenderung memungkinkan kehilangan data. Oleh karena itu, sebelum kamu mencoba mengembalikan perangkat ke default pabrik, buat cadangan data di, pertimbangkan untuk menggunakan iTunes atau iCloud untuk mencadangkan data dan mentransfer video , gambar, kontak.

👉 TRENDING:  Inilah Cara Membuat NPWP Online

Setelah membuat membuat backup data, restore iPhone. Berikut langkah-langkah cara memperbaiki Touchscreen iPhone yang tidak berfungsi melalui iTunes.

  1. Buka iTunes di PC atau Mac dan sambungkan ke perangkat iPhone.
  2. Pilih iPhone dan klik restore layar
  3. Setelah mengklik restore, klik konfirmasi untuk mengotorisasi iTunes untuk menghapus data iPhone dan menginstal iOS terbaru. Perangkat akan secara otomatis restart setelah dikembalikan ke pengaturan pabrik.
  4. Atur iPhone sebagai perangkat baru dan restore backup terakhir. Sekarang periksa apakah Touchscreen iPhone tidak berfungsu masih ada.

Uninstall Aplikasi Yang Bermasalah

Terkadang masalah Touchscreen iPhone tidak berfungsi karena aplikasi tidak responsif yang baru saja kamu unduh. Jika demikian, pertimbangkan untuk uninstall pemasangan aplikasi ini tidak peduli betapa pentingnya bagi kamu. Proses ini akan sederhana, cukup tekan lama pada aplikasi dan kemudian klik pada simbol silang yang muncul untuk menghapus aplikasi secara permanen.

Mengapa Touchscreen iPhone Yang Tidak Berfungsi?

Beberapa alasan yang dapat menyebabkan touch scree iPhone tidak berfungsi atau layar sentuh tidak responsif , antara lain sebagai berikut:

  • Digitizer yang berfungsi untuk memproses sentuhan berhenti bekerja dengan benar.
  • Layar iPhone tidak merespons juga bisa karena masalah kerusakan perangkat lunak.

Masalah ini mungkin memerlukan bantuan profesional, tetapi pertama-tama, pertimbangkan solusi yang mungkinkan untuk dicoba.